Sunday 31 July 2011

Hidup Sehat Dengan Nutrisi

Apa sih pentingnya nutrisi? Semua orang mungkin tahu jawabannya. Tapi berapa banyak orang yang benar-benar memperhatikan keseimbangan asupan nutrisinya. Mungkin sedikit sekali jumlahnya.

"Let food be your medicine and medicine be your food" adalah kata-kata yang sangat terkenal dari Hippocrates. Kata-kata ini diucapkan 400 tahun sebelum Masehi. Itu bukanlah waktu yang pendek.

Pentingnya nutrisi semakin disadari saat kita tahu bahwa sebagian besar pembunuh utama manusia adalah penyakit yang berhubungan dengan apa yang kita makan. Mulai dari penyakit jantung, stroke, kencing manis, kanker dan masih banyak lagi.

Tentu saja hal itu bukan disebabkan oleh nutrisi semata. Banyak faktor lain yang ikut berperan dalam munculnya penyakit. Walaupun demikian, hendaknya kita tidak lupa untuk menempatkan nutrisi sebagai bagian penting dari gaya hidup sehat. Olah raga teratur, hindari stres, jangan merokok dan hindari alkohol adalah hal lain yang tidak boleh dilupakan.

Bagaimana dengan faktor keturunan? Memang faktor keturunan adalah cetak biru yang tidak bisa dihindari. Walau demikian, hal itu bukanlah harga mati. Banyak orang yang mempunyai gen terhadap suatu penyakit tertentu, tapi tidak bermanifestasi karena gaya hidup yang baik.

Orang tua Anda menderita penyakit jantung dan Anda memiliki gen yang mempermudah terjadinya pengerasan pembuluh darah. Jangan sedih. Dengan menyadari hal tersebut Anda justru bisa bersiap diri. Hindari konsumsi lemak jenuh secara berlebih, perbanyak asupan gizi nabati, olah raga secara teratur, hindari rokok dan alkohol, maka proses penyakit pun bisa tertahan.

Banyak penyakit bisa dicegah prosesnya dengan gaya hidup yang baik. Dan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan Anda adalah bagian penting dari gaya hidup tersebut.

No comments: