Sunday 31 July 2011

Infeksi Toksoplasma Gondii pada Kehamilan

Umumnya penderita Toksoplasma Gondii tidak memperlihatkan gejala apapun. Paling-paling gejala yang timbul hanya menyerupai gejala penyakit flu, seperti pegal-pegal, demam, pusing atau tidak nafsu makan. Bila sistem imunitas penderita kurang baik, dapat dilanjutkan dengan gejala lemas dan mudah lelah berkepanjangan. Hanya lewat pemeriksaan darah, barulah diketahui apakah tubuh sudah terinfeksi Toksoplasma gondii atau tidak.

Wanita dalam usia reproduksi yang terinfeksi parasit Toksoplasma umumnya mengalami kesulitan untuk hamil, karena sebelum sempat dibuahi oleh sperma, parasit sudah merusak sel telur yang dikeluarkan indung telur. Parasit ini juga sangat membahayakan janin di usia kehamilan muda, karena dapat menyebabkan perkembangan janin terganggu, bahkan dapat mengakibatkan janin cacat dalam kandungan atau meninggal.

Bila infeksi terjadi pada usia kehamilan trimester kedua atau ketiga, penularan akan terjadi lewat ari-ari (plasenta). Meski kemungkinan janin dapat terus berkembang, tapi dapat juga membahayakan jaringan otot jantung dan otak, sehingga dapat mengakibatkan cacat, seperti ukuran kepala bayi lebih kecil atau lebih besar dari ukuran normal. Akibat lain, janin juga bisa mengalami keterbelakangan mental atau kelemahan pada bagian atau anggota tubuh tertentu.

Bagaimana mencegahnya? Agar dapat dilakukan pencegahan dini terhadap parasit Toksoplasma yang membahayakan ini, Anda dapat melakukan beberapa tip berikut ini:

Hindari bergaul terlalu akrab dengan binatang peliharaan, terutama kucing dan burung, serta jagalah selalu kebersihan lingkungan. Karena parasit yang masuk dalam tubuh hewan dapat bertahan lama.

Bila memasak, cucilah terlebih dahulu sampai bersih, lalu masaklah sampai matang.

Cuci tangan sebelum dan setelah memegang atau mencuci daging mentah atau bahan makanan lainnya.

Bila ingin berkebun, gunakan sarung tangan khusus dan jangan lupa mencuci tangan Anda sesudahnya dengan sabun antiseptik sampai bersih.

Cucilah terlebih dahulu sayuran segar yang masih mentah atau buah - buahan di bawah air yang mengalir.

Jaga agar makanan tidak dihinggapi lalat, semut, kecoa atau binatang lainnya.

Sebelum hamil, pasangan suami-istri memeriksakan kesehatannya. Jika Anda berpotensi terkena Toksoplasma, segeralah melakukan tes TORCH agar dapat dilakukan pengobatan sejak dini.

No comments: