Sunday 30 January 2011

Serba-Serbi Vitamin E

Vitamin yang satu ini cukup populer, terutama di kalangan wanita. Manfaatnya bagi kulit memang tak bisa dianggap remeh. Tapi ternyata keampuhan vitamin E lebih dari itu.

Manfaat

Vitamin E ternyata dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dengan cara membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, demikian menurut sebuah studi skala besar di Harvard University. Vitamin E juga berperan penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA dan proses metabolisme tubuh.

Selain itu, vitamin E dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih. Beberapa tahun lalu, The American Cancer Society mengumumkan bahwa dari satu orang yang diteliti selama 5 tahun, mereka yang rutin mengonsumsi suplemen vitamin E selama lebih dari 10 tahun terbukti mengalami penurunan risiko kanker kandung kemih.

Antioksidan dalam vitamin E juga melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang merusak serta memicu kanker dan penyakit kardiovaskular.

Kebutuhan Harian

Kebutuhan vitamin E yang dianjurkan untuk tipe kelompok orang berbeda. Anak-anak balita misalnya, membutuhkan asupan 6 mg vitamin E per hari. Kebutuhan pun meningkat seiring usia. Menginjak usia 9-13 tahun, kebutuhan anak hampir mencapai 2 kali lipatnya, yaitu 11 mg. Sementara usia 14 tahun ke atas, jumlah yang dibutuhkan menjadi 15 mg.

Bagaimana dengan wanita hamil? Kebutuhannya tetap sama, namun justru meningkat tajam saat menyusui. Ibu menyusui membutuhkan asupan vitamin E 19 mg per hari.

Sumbernya

Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak sayur dan sereal yang diperkaya adalah sumber vitamin E yang baik. Variasikan menu agar dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Meskipun manfaatnya cukup banyak, sayang sekali sekitar 97% wanita dan 89% pria ternyata masih kekurangan asupan vitamin E. Berikut beberapa sumber vitamin E yang mudah ditemukan dan bisa dimasukkan ke dalam menu:

1. Minyak jagung (salad atau vegetable oil) ,1 sendok teh (Vitamin E 10%AKG)
2. Kacang, 1ons, dipanggang (Vitamin E 10% AKG)
3. Minyak kedelai, 1 sendok teh, (Vitamin E 6% AKG)
4. Brokoli,dicincang dan dipanggang ,1/2 cangkir (Vitamin E 6% AKG)
5. Mangga, diiris,1/2cangkir, (Vitamin E 6% AKG)
6. Bayam, dicincang/ direbus ,1/2cangkir, (Vitamin E 6% AKG)

No comments: