Sunday 30 January 2011

Anak Anda Cacingan?

Tahukah Anda bahwa pemeriksaan laboratorium terhadap murid-murid di 10 sekolah dasar di Jakarta, sekitar 35% anak-anaknya mengalami anemia. Salah satu penyebabnya ternyata adalah infeksi cacing.

Beberapa jenis cacing yang sering menginfeksi manusia, khususnya anak-anak, yaitu Ascaris lumbricoides (cacing gelang), Trichuris trichiura (cacing cambuk), dan Necator americanus (cacing tambang). Cacing gelang berukuran paling besar yaitu dengan panjang 30 hingga 40 cm, cacing cambuk 3 hingga 4 cm, dan cacing tambang 1hingga 2 cm.

Infeksi cacing di dalam tubuh memang sangat berkaitan dengan masalah sanitasi dan higienis. Infeksi cacing tersebut dapat berasal dari:

1. Makanan (seperti sayuran mentah) yang terkontaminasi tinja dan dicuci secara tidak bersih sehingga meninggalkan telur cacing. Misalnya yaitu lalapan mentah.
2. Minuman yang terkontaminasi tinja dan tidak sempurna dalam proses pemanasannya (tidak sampai 100o C).
3. Kebiasaan buruk anak-anak sering mengemut jempolnya (yang mungkin saja kotor dan terkontaminasi oleh telur cacing).
4. Secara fisik, kondisi anak yang menderita cacingan tidak berbeda dengan anak yang sehat. Apalagi di perkotaan, umumnya infeksi cacing hanya ringan sehingga tidak memperlihatkan kondisi fisik yang menyedihkan seperti di pedesaan. Pada kasus yang berat, si anak akan kelihatan sangat kurus tetapi perutnya membuncit (karena berisi cacing), selain itu nafsu makan juga sangat turun dan selalu tampak lesu.
5. Kemampuan cacing di dalam usus yang mengeluarkan toksin tertentu diduga menyebabkan nafsu makan anak menjadi merosot. Hal itu dapat mempengaruhi konsentrasi anak untuk belajar atau berpikir.

Berikut ada beberapa tips untuk menjaga anak dari infeksi cacing:

1. Tanamkan pola hidup sehat pada anak.
2. Kebersihan adalah senjata ampuh untuk melawan cacing. Semua bahan makanan, khususnya sayur, sebaiknya dicuci dengan air bersih (air mengalir) dan diolah dengan baik.
3. Lakukan pemeriksaan feses secara berkala di laboratorium, apalagi jika si kecil dicurigai menderita cacingan.
4. Disarankan untuk minum obat cacing secara berkala dengan dosis yang tepat.

No comments: