Sunday 30 January 2011

Beri Anak Makan Hati Ayam ...

Hati ayam mengandung berbagai zat gizi yang dapat membantu pertumbuhan anak, mencegah infeksi, dan anemia. Oleh karena itu, hati ayam dianjurkan untuk dikonsumsi bayi, balita, orang yang baru sembuh dari sakit, bahkan ibu hamil.

Hati ayam dapat dijadikan sebagai campuran dalam mengkonsumsi bubur atau nasi tim. Hati ayam mengandung :

1. Protein
2. Vitamin A. Vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat mencegah mata dari kebutaan. Oleh karena itu vitamin A berperan penting bagi anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang. Kekurangan vitamin A, dapat membuat anak mudah terserang infeksi, seperti campak, diare, dan tubercolosis paru. Kekurangan vitamin A juga dapat menghambat pemanjangan tulang dan terbentuknya gigi yang sehat.
3. Vitamin D, E, dan K (dapat larut dalam lemak)
4. Vitamin B1, B2, B3, B6 (dapat larut dalam air)
5. Vitamin B12. Vitamin B12 bermanfaat untuk pembentukkan sel darah merah, mencegah timbulnya anemia, mencegah jumlah sel darah merah yang rendah yang memiliki gejala akan lesu dan mudah lelah.
6. Vitamin C
7. Asam pantotenat. Asam pantotenat bermanfaat untuk mencegah anemia, mencegah infeksi, dan radang sendi.
8. Zat besi. Zat besi merupakan zat mineral yang dapat mencegah anemia. Zat besi yang terdapat di dalam makanan hewani lebih baik dibandingkan dengan zat besi yang terkandung di dalam makanan nabati. Hal itu terjadi karena zat besi yang terdapat dalam makanan hewani lebih mudah terserap oleh tubuh.
9. Kalsium
10. Magnesium
11. Fosfor
12. Kalium
13. Natrium
14. Selenium
15. Zinc

No comments: