Wednesday 3 December 2008

Terlambat Lahir

Kamar bayi sudah siap, tas sudah dikemas dan hari kelahiran telah ditandai dengan warna merah. Semua sistem sudah siap menyambut kelahiran bayi. Apa yang harus anda lakukan jika hari itu berlalu tanpa ada tanda-tanda akan melahirkan?

Sekalipun kita menganggap kehamilan berlangsung 9 bulan, sebenarnya adalah 42 minggu, atau 10 ½ bulan, dan bayi dianggap lahir tepat waktu antara 37 dan 41 minggu. Secara teknis, bayi tidak dianggap terlambat sampai setelah minggu ke-42.

Sementara para dokter mengetahui alasan kelahiran dini, namun masih merupakan misteri mengapa sebagian bayi lahir terlambat. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan kelahiran tertunda. Sebagai contoh, kelahiran yang lewat dari tanggal yang ditentukan, tampak umum terjadi kelahiran pertama dan pada perempuan yang pernah hamil lebih dari 42 minggu. Apabila ada riwayat bayi lahir terlambat dalam keluarga, itu berarti anda juga harus menunggu lama. Sekalipun dalam banyak kasus, hal itu terjadi hanya karena salah mengalkulasi tanggal dan bayi anda sebenarnya tidak terlambat sama sekali.

Para dokter umumnya menentukan tanggal kelahiran dengan menghitung 40 minggu setelah tanggal pertama menstruasi terakhir. Satu masalah kecil yang timbul dari cara ini adalah banyak perempuan tidak sadar dirinya hamil hingga 1 bulan berlalu, bahkan lebih. Pada saat itu, sulit untuk menentukan tanggal siklus menstruasi terakhir. Jadi, mereka hanya menebak. Selain itu, tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang rutin. Sehingga mengalkulasi tanggal tidaklah mudah.

Dokter anda memiliki kesempatan untuk memprediksi tanggal kelahiran dengan tepat apabila usia kandungan ditentukan dari tanggal menstruasi terakhir disesuaikan dengan usia kandungan yang ditentukan lewat USG.

Begitu mencapai minggu ke-38, dokter kandungan akan memonitor kehamilan setiap minggu untuk memastikan bayi anda tetap sehat. Satu hal yang akan terus dipantau adalah plasenta yang hanya bisa memberi asupan gizi kepada bayi selama kurun waktu tertentu sebelum menjadi kurang efiseien dalam mengirimkan oksigen dan nutrisi.

Dokter anda juga akan memonitor ukuran bayi. Apabila anda berencana melahirkan secara normal, semakin besar bayi anda, maka semakin besar kemungkinan terjadi masalah seperti shoulder dystocia, yakni adanya kesulitan dalam kelahiran karena pundak bayi tertahan di balik tulang panggul ibu. Kemungkinan lebih besar melahirkan dengan cara cesar bila bayi anda berukuran besar.

Bantuan persalinan
Jika memasuki minggu ke 42, belum ada tanda-tanda kelahiran, dan tampak ada resiko bagi kesehatan bayi anda apabila menunggu lebih lama, dokter kandungan mungkin menyarankan induksi (induce). Cara paling umum adalah dengan memberikan pitocin lewat selang infus. Pitocin adalah bentuk sintesis dari oksitosin, hormon yang memicu kelahiran.

Kontraksi biasanya mulai dalam 2 jam setelah anda menerima obat tersebut. Tapi ada kalanya lebih lama, khususnya pada kelahiran bayi pertama. Hal lain yang mungkin akan dilakukan dokter untuk memulai proses ini adalah memecahkan air ketuban secara manual atau memberikan obat langsung ke leher rahim untuk melembutkannya dan membantunya untuk membuka.

Apakah menunggu atau mendapat induksi, toh anda segera mendekap bayi anda dan penantian lebih dari 40 minggu akan terasa layak.

Selama menunggu
Ingin mengantisipasi rasa gelisah? lengkapi daftar kegiatan yang harus dilakukan sebelum melahirkan dengan hal-hal di bawah ini:

1. Tulis rencana kelahiran anak anda
2. Latih kontraksi
3. Tulis surat cinta kepada bayi anda
4. Siapkan dan bekukan makanan
5. Bersantai sambil chatting dengan komunitas ibu hamil
6. Mengepak tas yang akan dibawa ke rumah sakit
7. Umumkan perihal kelahiran di milis (mailing list).

Periksakan dengan dokter sebelum mengikuti saran yang ada di internet. Beberapa teknik untuk memacu kelahiran dan telah disetujui dokter kandngan meliputi:

Berjalan
Biarkan gravitasi membantu anda. Berjalan juga bisa membantu apabila anda mulai mengalami kontraksi tapi kontraksinya terhenti atau melambat.

Stimulasi puting susu
Ini akan melepaskan oksigen, yakni substansi alamiah dalam tubuh yang menyebabkan rahim anda berkontraksi.

Bercinta
Sperma bisa melembutkan leher rahim dan memicu kontraksi. Tapi jangan bercinta apabila air ketuban anda sudah pecah.

Makanan pedas
Ini memang terdengar seperti kepercayan orang zaman dulu, tapi ini umum dilakukan di banyak kebudayaan dan tampaknya dapat memudahkan.

2 comments:

infogue said...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/terlambat_lahir

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Anonymous said...

love that, nice info
GREAT SITE....

PLEASE LOOK AT AND FOLLOW

http://sesile.blogspot.com/

thanks, cheers and keep in contact
Cemethz