Monday 1 December 2008

Usahakan Agar Tetap Tenang Saat Si Kecil Nakal

Anak nakal sekali-sekali merupakan sesuatu yang wajar. Namun kadang kala hal tersebut dapat membuat Anda sebagai orang tua kehilangan kesabaran hingga lepas kendali. Mulai dari kata-kata kasar, mencubit, hingga memukul anak. Dibandingkan akan menyesal kemudian, tahan diri, dan hadapilah kenakalannya dengan tenang.

Merupakan tugas sebagai orang tua untuk mengontrol diri saat mereka berlaku nakal. Hati-hati, sepenggal kata terkadang membekas lebih dalam dari sebuah pukulan yang Anda layangkan. Agar dapat menghadapi tingkah laku anak dengan baik, sangat penting bagi orang tua untuk dapat mendisiplinkan diri.

Salah satu cara terbaik untuk memecahkan masalah adalah dengan cara mencegah agar masalah tersebut terjadi. Terapkan batasan atau peraturan bagi anak. Jelaskan pula apa konsekuensinya jika anak melanggar aturan tersebut. Ingat, Anda tetap harus mengendalikan emosi Anda. Jangan keluarkan kata-kata kasar, ataupun tindak kekerasan pada anak. Anda harus menghindari tindakan-tindakan di bawah ini ketika anak sedang berperilaku buruk :

1. Jangan membandingkannya dengan siapapun juga (saudara kandungnya, teman, ataupun orang lain), karena hal ini dapat memperuncing persaingan di antara mereka, dan memaksa mereka untuk menjadi pribadi yang bukan dirinya.
2. Hindari memberi cap pada anak. Dengan cap yang Anda berikan, ia akan tumbuh sesuai cap yang disandangnya.
3. Hindari mengungkit masa lalu. Mengungkit masa lalu hanya akan menumpuk kekesalan dalam diri anak, dan membuatnya mengabaikan Anda.
4. Hindari berteriak dan ngomel yang berkepanjangan.
5. Jangan menggunakan kata-kata yang menyakitkan hatinya. Hindari mengecilkan kecemasan anak, karena akan membuatnya lebih cemas. Mempermalukan anak akan membuat anak patah semangat.
6. Hindari bersikap kasar, karena tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Cara seperti ini justru akan menyerang keyakinan anak Anda.
7. Berikan hukuman segera padanya ketika ia melanggar aturan yang telah disepakati bersama. Anak yang masih kecil cepat melupakan apa yang telah ia lakukan. Jika Anda menunda hukumannya, ia akan merasa diperlakukan tidak adil.

No comments: