Monday 1 December 2008

Pelukan Ibu Membentuk Daya Tahan Anak

Jangan remehkan pelukan. Pelukan bisa membawa banyak manfaat. Mulai dari manfaat psikologis sampai manfaat dalam membantu pembentukan daya tahan anak.

Pelukan membawa manfaat psikologis karena anak tahu bahwa ia berada dalam dekapan perlindungan dari seseorang yang mengasihinya.

Tapi, bagaimana pelukan ibu bisa membantu pembentukan daya tahan anak? Saat dipeluk, mikroorganisme yang ada di badan anak akan berpindah pada ibu. Daya tahan ibu akan mengenalinya sebagai benda asing dan segera membentuk antibodi spesifik untuk melawannya. Mengingat antibodi akan ikut bersama ASI, antibodi spesifik ini pun akan juga diteruskan kepada si buah hati. Dengan demikian, si buah hati akan mempunyai senjata terhadap mikroorganisme yang mengenainya.

Karena itu, jangan remehkan ASI dan pelukan bagi si buah hati. Kedua hal tersebut dapat memberikan kontribusi besar dalam pembentukan daya tahan anak.

1 comment:

Anonymous said...

halo
salam kenal
nama saya ela. boleh saya bertanya ?
ada sebuah pertanyaan yang igin saya utarakan
saya mempunyai keponakan yang mulai dari awal lahir sampai sekarang (-/+ 16 bln) tidak pernah mendapatkan ASI. dan sekarang keponakan saya lebih sering tinggal sama neneknya. apakah daya tahan tubuh itu bisa di dapat dari pelukan neneknya?dan bagaimana kondisi bayi jika tidak mendapatkan ASI?dan lakanan jenis apa yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya?
terima kasih banyak