Monday 30 June 2008

Asah Otak

Tidak hanya tubuh, otak juga harus selalu diasah agar tetap sehat. Caranya? The Alliance for Aging Research menyarankan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Konsumsi makanan sehat untuk otak. Asam lemak omega-3 (yang sering ditemukan pada ikan), protein, antioksidan (pada buah dan sayur), juga vitami B.
  1. Tetap aktif secara mental. Aktivitas seperti mempelajari ketrampilan baru atau bahasa baru, mengerjakan teka-teki silang, mengikuti les atau belajar berdansa dapat memberi tantangan mental yang baru.
  1. Tetap bersosialisasi. Bepergian, meluangkan waktu bersama teman dan menjadi sukarelawan dalam suatu perkumpulan dapat menjaga otak Anda tetap ektif dan sehat.
  1. Cukup tidur. Tidak cukup tidur dapat berakibat buruk pada kesehatan otak.
  1. Kelola stres. Melakukan meditasi, menghabiskan waktu bersama teman atau menjalani aktivitas pelepas stres lain dapat mengapa menjaga daya ingat dan kemampuan balajar Anda.
  1. Cegah cidera otak. Gunakan selalu helm dan sabuk pengaman jika berkendaraan agar Anda terhindar dari cidera otak, yang banyak dihubungkan dengan risiko demintea (kehilangan menyeluruh dari semua gangguan kognitif, termasuk daya ingat).
  1. Terapkan gaya hidup sehat. Mempertahankan berat badan yang sehat, berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi dan mengendalikan stres dapat mengurangi risiko penyakit yang dapat merusak otak seperti diabetes, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  1. Hindari kebiasaan tak sehat. Merokok, minum alkohol dan menggunakan obat-obatan berlebihan dapat meningkatkan risiko dementia dan penurunan fungsi kognitif.

No comments: