Thursday 11 October 2007

Rambut Rontok

Oleh Dra. P. Tresna Purnana, M.KM

Umumnya setiap orang kehilangan 50 sampai 100 helai rambut setiap hari, tetapi hampir semuanya tumbuh lagi. Karena kita mempunyai sekitar 100.000 rambut, maka kehilangan 100 helai tidaklah berarti banyak. Dari data yang ada, pria lebih ba- nyak menderita kebotakan daripada perempuan. Hal ini di-sebabkan karena setelah pria melewati masa remajanya, hormon laki-laki testosteron mulai mempengaruhi folikel-folikel rambutnya. Kalau secara genetis ia berbakat botak, ia akan kehilangan lebih banyak rambut daripada yang tumbuh lagi. Ini disebut penyakit androgenetic alopecia (kebotakan pria).

Usaha menghentikan kebotakan

Sejak berabad-abad yang lalu orang mengupayakan peng-obatan terhadap kebotakan. Orang-orang Mesir, misalnya, mengoleskan buah-buahan, minyak-minyakan ke kepala mereka agar rambut mereka bisa tumbuh dengan subur. Namun tampaknya usaha ini kurang berhasil. Baru pada tahun 1970-an ada harapan baru, dengan ditemukannya minoksidil, tablet oral untuk tekanan darah tinggi – ternyata obat ini dapat menumbuhkan rambut di kepala, tangan, kaki dan wajah. Minoksidil bekerja dengan mendorong rambut kembali ke anagen, yaitu fase pertumbuhan rambut – sehingga sejumlah rambut akan tumbuh lebih panjang dan lebih tebal dan menjadi lebih berwarna.

Ada lagi sifat yang perlu diperhatikan dengan penggunaan minoksidil: sekali Anda berhenti menggunakannya, rambut Anda akan mulai rontok lagi dalam beberapa bulan. Tampaknya, obat ini baik untuk digunakan sebagai pencegahan, daripada penyembuhan.

Penemuan lain ditemukan di Universitas Rheims, Prancis. Tricomin, adalah obat yang menimbulkan pembuluh-pembuluh darah baru di kulit kepala dan meningkatkan produksi kolagen di kulit kepala. Triconim adalah protein alami yang membuat kulit menjadi sehat dan lentur.

Pada tahun 2002 mulai diluncurkan pengobatan lewat hormon yang manjur bagi ke-rontokan rambut. Hormon-hormon ini mencegah folikel-folikel (tempat tumbuh rambut) tertutup.
Pencangkokan rambut

Bagian kepala yang botak dapat ditutupi dengan rambut-rambut di sebelah pinggir kepala dengan cara mencangkok. Pencangkokan rambut telah banyak dilakukan pada tahun-tahun terakhir ini. Dengan menggunakan teknik baru akhir-akhir ini, di mana digunakan cangkokan mini sekecil sehelai rambut, menyebabkan penampilan rambut lebih alami. Selain itu, rambut baru hasil cangkokan bertahan selamanya, dan tampak sangat indah.

Tips bagi penderita kebotakan

Beberapa saran bagi para penderirta kebotakan:

* Potong rambut Anda pendek-pendek. Rambut pendek dapat membuat daerah kepala yang botak tidak terlalu tampak. Semakin pendek Anda memangkasnya, semakin penuh tampaknya rambut itu.

* Mengecat kepala. Catlah kulit kepala Anda. Hasilnya, Anda akan tampil muda kembali dengan rambut hitam, merah tua, merah sedang, atau abu-abu. Cat rambut yang dioleskan di kulit kepala akan mengering dalam waktu 15 sampai 20 detik.

* Gunakan Wig. Memakai rambut palsu merupakan alternatif yang sangat membantu menyembunyikan kebotakan Anda. Belilah berbagai macam wig. Nikmati pemakaiannya untuk berbagai acara, pada saat kerja, ke gereja, ke pertemuan-pertemuan, belanja di mal, atau ketika menghadiri pesta.

* Sering-sering memijat kepala. Pemijatan kepala secara berkala sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Saran untuk banyak-banyak menyisir rambut jangan diikuti, karena akan membuat rambut rontok lebih cepat. (TR)

No comments: