Sunday 7 October 2007

Echinacea Dapat Mencegah Masuk Angin

Para peneliti Amerika mengatakan, penggunaan sediaan herbal echinecea dapat menurunkan lebih dari setengah risiko mendapatkan masuk angin. Mereka menemukan bahwa kemungkinan berkembangnya masuk angin sebesar 58% dan durasi masuk angin menjadi 1 ½ hari. Hasil dari the Lancet Infectious Disease ini bertentangan dengan hasil sebelumnya yang menunjukkan tidak ada manfaat echinacea. Para ahli percaya echinacea yang merupakan kumpulan dari 9 spesies tanaman di Amerika Utara, dapat bertindak meningkatkan sistem imun tubuh.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Craig Coleman dari University of Connecticut School of Pharmacy, menggabungkan hasil dari 14 studi tentang echinacea sebagai anti masuk angin. Dalam 1 dari 14 studi yang ditelaah para peneliti, echinacea digunakan bersamaan dengan vitamin C. Kombinasi ini menurunkan insiden masuk angin sebesar 86%. Ketika echiancea diberikan sendiri, akan menurunkan insiden masuk angin sebesar 65%. Walaupun ketika pasien dipaparkan pada virus yang paling sering menyebabkan masuk angin, echinacea menurunkan insiden masuk angin sebesar 35%. Laporan para peneliti mengatakan bahwa dengan lebih dari 200 yang dapat menyebabkan masuk angin, echinacea berefek moderat melawan virus tapi efeknya nyata dalam melawan virus lain.

Mereka menemukan bahwa lebih dari 800 produk mengandung echinacea tersedia dan diperoleh dari berbagai bagian dari tanaman, bunga, batang, akar. Kerja lebih lanjut diperlukan untuk menguji keamanan formulasi-formulasi ini. ProfesorRonCutlerdari University of East London mengatakan, manfaat nyata dan yang lebih penting bagaimana bahan aktif bekerja masih belum jelas, sehingga diperlukan trial klnis yang lebih terkontrol harus dilakukan.

Echinacea dapat menurunkan durasi sakit dan menurunkan keparahan batuk, sakit kepala, dan sumbatan hidung. Profesor Cutler mengatakan bahwa orang-orang dengan fungsi system imun yang kurang dapat mendapat manfaat menggunakan echinacea selama musim dingin untuk mencegah masuk angin dan flu, tapi orang sehat tidak perlu mengunakan pencegahan jangka panjang.

Di masa lalu telah disarankan bahwa penggunaan jangka panjang echinacea tidak direkomendasikan. Manfaatnya hanya efektif 1 atau 2 minggu dan sesudah menggunakan echinacea dalam jangka waktu tersebut, orang-orang harus menghentikannya dan membiarkan sistem imun seminggu tanpa echinacea. Profesor Ronald Eccles, Direktur Pusat Masuk angin di University of Cardiff mengatakan, kerja ini merupakan tahapan nyata dalam pertarungan kita melawan masuk angin. Memanfaatkan sistem imun tubuh sendiri untuk melawan infeksi umum dengan pengobatan herbal seperti echinacea saat ini diberikan dengan lebih tervalidasi menggunakan evaluasi ilmiah dari trial klinis masa lalu.

No comments: