Saturday 27 October 2007

Alkohol Dapat Memicu Terjadinya Serangan Gout

Peminum alkohol, meski dalam jumlah yang sedikit dapat memicu terjadinya serangan gout, hasil suatu penelitian.

Alkohol dapat menimbulkan serangan gout dalam waktu yang sangat singkat, yaitu kurang dari 24 jam, penelitian ini dilakukan oleh Yuqing Zhang dari Boston University yang disampaikannya kepada Reuters Health.

Gout adalah suatu bentuk arthritis inflamasi, sehingga sering kali menyebabkan episode nyeri dan pembengkakan pada persendian. Meskipun terapi yang ada saat ini efektif menghilangkan nyeri, namun banyak pasien yang mengalami serangan berulang.

Mengkonsumsi alkohol sudah lama diduga menjadi pemicu terjadinya serangan gout, meskipun hipotesis ini sebelumnya belum diuji secara klinis.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Zhang dan timnya melibatkan 179 pasien penderita gout yang mengalami serangan dalam waktu dekat saat diperiksa (kurang dari 1 tahun). Mereka menemukan pasien yang sering mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi atau sedang mempunyai kemampuan lebih tinggi untuk menderita serangan gout.

Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol, mereka yang minum lima hingga enam gelas alkohol selama periode 48 jam akan mengalami serangan dua kali lipat lebih tinggi, para peneliti tersebut melaporkan dalam American Journal of Medicine.

Untuk mereka yang minum tujuh atau lebih selama periode 2 hari akan mengalami serangan 2-5 kali lipat lebih tenggi bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

No comments: