Wednesday 30 April 2014

Sarana Beraktivitas Si Kecil


Setelah si kecil merayakan ulang tahunnya yang pertama, kewaspadaan atas lingkungan yang aman bagi si kecil perlu ditingkatkan. Perubahan-perubahan di kamar mandi, di luar rumah (yang telah dibahas sebelumnya) dan di dapur perlu diperhatikan.

Perubahan di Dapur

Amankan kompor atau tombol kompor (khususnya gas).
Bila memasak, letakkan gagang ke arah dalam, sehingga tak mudah dijangkau si kecil.
Jangan meletakkan barang masakan ataupun perlengkapan memasak terlalu di pinggir. Letakkan jauh dari kemungkinan ditarik si kecil.
Jangan meletakkan kursi di dapur yang dapat dijadikan alat memanjat si kecil.
Singkirkan segala macam pernih dapur yang biasanya diletakkan di lantai dapur.
Kunci pintu lemari maupun laci dapur.

Memahami Pola Bermain Anak

Bermain di awal kehidupan si kecil merupakan kegiatan yang memenuhi hari-harinya. Melalui bermain si kecil tumbuh dan berkembang. Kebutuhan bermain mereka sebesar kebutuhan terhadap makanan, kehangatan dan cinta, untuk menambah pemahaman mereka atas alam sekitarnya.

Bermain terdiri dari 4 metode dasar untuk membantu anak memahami dunia yaitu: meniru, mengeksplorasi, menguji dan membangun. Dalam setiap pertumbuhan anak membutuhkan permainan yang sesuai dengan ke empat metode di atas. Bentuk permainannya sendiri terus berubah seiring dengan kematangan emosi dan mentalnya.

Ketika bermain, anak bergerak dan menggunakan anggota tubuhnya. Cara ini sekaligus melatih otot-otot dan tubuhnya serta mengkoordinasi anggota-anggota tubuh, sebab terkadang saat bermain anak menggunakan beberapa anggota tubuhnya secara bersamaan. Tentu saja dengan bermain pulalah anak menikmati hari-harinya. Anda dapat menyiasati waktu bermainnya dengan hal-hal yang lebih bermanfaat. Seperti berolah raga atau bahkan belajar.

Ingat!

Dalam bermain, anak tetap perlu pengawasan. Tetapi pengawasan yang bijaksana, yaitu dengan memberi kebebasan pada anak, sambil tetap waspada.

Memberi kesempatan pada anak untuk bermain dan melakukan sesuatu sendirian, adalah awal dari kreativitas anak.

No comments: