Wednesday 30 April 2014

Gejala Kanker Paru-paru


Apakah anda selalu dalam kondisi batuk, dan susah untuk dikontrol?Apakah dalam dahak terdapat darah,apakah terasa sesak dan nyeri dibagian dada?Jika anda memiliki gejala seperti diatas,setelah menjalani pengobatan selama 2 minggu masih tidak terlihat membaik,perlu menjaga terhadap terjadinya kanker paru-paru.

   Tim medis Modern Cancer Hospital Guangzhou mengingatkan anda untuk memperhatikan gejala-gejala yang muncul :

   1.Batuk :Karena ukuran tumor, lokasi yang berbeda ,jenis batuk pun berbeda antara lain batuk kering, batuk tiba-tiba ,batuk mengi dan batuk bernada logam.

   2. Dahak berdarah atau hemoptysis: pada awalnya ada sekitar 15% pasien mempunyai gejala batuk berdahak, sebagian besar dahak putih. Ketika tumor pecah akan muncul dahak berdarah, hemoptysis dapat berlangsung terus, mungkin juga hanya sesaat..Ada 25 -40 % pasien kanker paru-paru muncul hemoptysis. Jika Anda sering batuk berdahak, anda dapat melakukan pemeriksaan sitologi dahak.

   3.Nyeri dibagian dada :gejala awal berupa ketidaknyamanan di bagian dada.Ketika tumor menyentuh dnding dada bisa menyebabkan nyeri yang terus-menerus.

   4.Suara mengi :Jika anda tidak menderita asma,tetapi saat bernafas terdengar bunyi mengi,waspada terhadap kanker paru-paru.

   5.Demam : Karena obstruksi bronkus dan sekresi stasis menyebabkan berbagai tingkat peradangan. Ketika muncul gejala batuk, demam, dapat dilakukan pemeriksaan X-ray, bronkoskopi.

   6. Kepala dan wajah bengkak :Muncul gejala kulit ungu, pusing, vertigo, hidung tersumbat dan gejala lain, ketika telentang bertambah parah. Selain itu juga sering terjadi pembengkakan di ekstremitas atas dan leher.

   7. Pembesaran kelenjar getah bening Supraklavikula :Pada fossa supraklavikula terlihat kelenjar getah bening yang membesar, pada tahap lanjutan akan membentuk benjolan.

   8. Disfagia: kanker paru metastasis ke kelenjar getah bening mediastinum, menyebabkan kompresi pada esophagus sehingga mengalami kesulitan dalam menelan.

   Tentu saja, ketika muncul gejala tersebut pada tubuh anda, belum tentu menderita kanker paru-paru, namun perlu secepatnya di diagnosis di rumah sakit, untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kanker paru-paru. Jika Anda didiagnosis menderita kanker paru-paru, pemeriksan dini mendukung kanker paru-paru untuk mendapatkan pengobatan dini ,yang secara signifikan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup.

No comments: