Wednesday 30 April 2014

Eksim Penyebab Stres Berat Pada Ibu


Eksim merupakan suatu kondisi kulit yang menyebabkan terjadinya ruam, bengkak dan gatal. Eksim berkaitan erat dengan alergi, iritan, atau bisa terjadi karena keturunan.

Anak yang menderita eksim akan mengalami masalah tidur dan menunjukkan tanda-tanda stres. Kondisi yang demikian cukup menyulitkan orangtua, demikian pendapat dari Professor Andrew Kemp dan tim di The Children̢۪s Hospital di Australia.

Para ibu dari anak yang menderita eksim menunjukkan tingkat stres yang sama besarnya dengan para ibu dari anak-anak yang menderita asma, anak yang cacat parah, dan memerlukan pemberian makan melalui tabung. Penemuan ini dipublikasikan dalam Archives of Disease in Childhood.

Secara keseluruhan, 24% ibu yang anaknya menderita eksim mengalami peningkatan depresi dan 46% mengalami stres yang cukup tinggi, sehingga memerlukan jasa konseling profesional. Separuh dari para ibu ini mengatakan mereka merasa tidak mampu mengontrol perilaku anak mereka. 67% ibu mengindikasikan anaknya sangat menuntut, 56% ibu mengatakan anaknya tidak mampu beradaptasi dengan perubahan fisik atau sosial karena kondisi mereka.

Para peneliti sangat menyarankan adanya dukungan dari pasangan untuk mengurangi dampak stres pada ibu.

No comments: