Monday 30 September 2013

Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil


Saat kehamilan tiba, posisi tidur seringkali menjadi masalah bagi mayoritas ibu. Hal ini dikarenakan pada kondisi perut semakin membesar, sehingga ibu tidak lagi nyaman dalam beberapa posisi tidur. Belum lagi ditambah dengan kram pada tubuh, dan gerakan-gerakan bayi dalam kandungan.

Posisi tidur tengkurap aman untuk ibu hamil. Namun umumnya pada kehamilan trimester pertama, ibu akan mengalami pembesaran payudara. Payudara juga akan terasa lebih sensitif, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap.Dan juga saat perut Anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu), tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena Anda harus meletakkan paha di atas bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Sedangkan untuk posisi tidur telentang, sangat tidak dianjurkan setelah kehamilan ibu menginjak 16 minggu. karena :
1. Dengan tidur posisi telentang Anda akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior.
2. Tidur posisi telentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, serta gangguan pencernaan, menganggu pernafasan, dan sirkulasi.

Posisi tidur telentang pada trimester ke dua dan tiga juga mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga menyebabkan mereka merasa pusing. Untuk yang lain, malah dapat meningkatkan tekanan darah. Namun tidur telentang sangat tidak dianjurkan untuk kehamilan yang memiliki tekanan darah tinggi.

No comments: