Monday 30 September 2013

Bahaya Alkohol Bagi Janin


Pada saat pasangan merencanakan hamil , seharusnya menghindarkan dari alkohol karena efeknya tidak baik untuk janin. Jika sampai pada kecanduan, tetap musti stop alkohol karena jika tidak bayi adalah taruhannya.

Bahaya Alkohol bagi janin dapat berakibat Fetal Alcohol Syndrome diantaranya janin bisa keguguran, lahir premature, komplikasi persalinan bayi dengan berat lahir rendah (BBLR), bayi lahir dengan kepala kecil (mikrosefali), retardasi mental, gangguan pada jantung dan organ-organ lainnya, gangguan fisik serta perilaku yang akan mempengaruhi pertumbuhan anak sepanjang hidupnya.

Dalam pengonsumsian alkohol pada saat hamil , dokter akan merekomendasikan untuk menghentikan minum alkohol selama hamil. Dikarenakan banyak faktor berkontribusi pada perkembangan janin, sehingga tidak ada level aman dari mengonsumsi alkohol salami hamil.

Disaat hamil terkadang ada ganguan batuk ataupun pilek. Sebaiknya untuk mengobati gangguan kesehatan itu dengan minum obat  bebas alkohol. Obat-obatan mengandung alkohol umumnya sekitar 5%, ini dikhawatirkan akan berakumulasi dalam tubuh bila diminum berhari-hari. Banyak pilihan lain obat yang tidak mengandung alkohol atau dapa mengunjungi dokter agar mendapat rekomendasi obat yang aman untuk kehamilan.

No comments: