Monday 30 September 2013

Nutrisi yang harus diwaspadai oleh ibu hamil


Nutrisi yang harus diwaspadai oleh ibu hamil:
  1. Rokok.
    Merokok jelas-jelas buruk bagi ibu dan janin. Akibat merokok, komplikasi kehamilan seperti kehamilan ektopik, keguguran, cacat lahir hingga plasenta dan kelahiran prematur bisa terjadi. Bayi dengan ibu perokok memiliki kemungkinan 2 kali lipat untuk meninggal mendadak akibat SIDS (sudden infant death syndrome) dibandingkan bayi dari non perokok. Semakin cepat berhenti merokok semakin baik.
  2. Alkohol.
    Wanita yang mengonsumsi alkohol berlebihan saat hamil berisiko mengalami sindroma alkohol pada janin.
  3. Kafein.
    Membatasi asupan kafein. Jangan minum lebih dari 2 cangkir kopi, 3 cangkir teh atau 2 gelas minuman bersoda per hari. Asupan kafein berlebihan dikaitkan dengan keguguran dan berat badan lahir rendah.
  4. Makanan mentah.
    Hindari makanan mentah, makanan yang tidak dimasak hingga matang seperti sashimi, telur setengah matang juga steak yang tidak well done karena terdapat risiko bahwa makanan tersebut telah terkontaminasi.
  5. Suplemen herbal.
    Saat hamil, sebaiknya hindari suplemen herbal karena kebanyakan belum teruji untuk kehamilan. Terutama hindari terlalu banyak asupan ginseng karena ini merupakan sumber steroid.
  6. Ikan.
    Ikan laut dalam seperti king mackerel bisa jadi mengandung kadar merkuri tinggi yang berbahaya bagi perkembangan otak bayi. Batasi pula asupan hati, makanan yang sangat kaya vitamin A. Terlalu banyak vitamin A bisa meracuni janin.
  7. Kacang.
    Untuk ibu yang menderita alergi, eksim atau asma, hindari kacang saat hamil dapat mengurangi risiko bayi untuk menderita alergi kacang yang serius di masa kanak-kanak.

No comments: