Monday 30 September 2013

Saat Giginya Tumbuh


Awal tumbuh gigi merupakan peristiwa penting dalam proses tumbuh kembang si Kecil. Ia kini bisa mengunyah makanan dengan giginya. Tapi, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat gigi yang benar agar gigi si Kecil dapat tumbuh sehat dan kuat.

Walaupun masih gigi susu, perawatan gigi sejak dini sudah harus mendapat perhatian serius. Sebab, kondisi gigi susu akan me-nentukan pertumbuhan gigi tetap si anak kelak. Kalau gigi susu si Kecil sehat dan terawat, pertumbuhan gigi tetapnya akan sehat pula.
Selain itu, merawat gigi sejak dini akan menghambat proses kerusakan gigi, seperti misalnya gigi berlubang, keropos, pembengkakan pada gusi. Biasakanlah kontrol ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Kebiasaan merawat gigi dapat mulai diperkenalkan sejak bayi. Caranya dengan menggosok gusinya dengan kapas atau kain kasa yang dicelupkan ke dalam air hangat.
Bila anak sudah agak besar, bantulah ia untuk memulai ritual meng-gosok gigi. Caranya, hadapkan si Kecil ke depan cermin dan ajarkan ia memegang sikat gigi dan menggosok giginya dengan benar. Pada awalnya, Anda dapat melakukan gerakan menyikat gigi bersama-sama, agar anak dapat menirukan gerakan Anda. Berikan sikat gigi khusus untuk anak-anak dengan bulu sikat yang lembut.

Gunakan pula pasta gigi khusus untuk anak-anak yang mempunyai aneka rasa buah. Ajarkan ia agar sikat gigi dapat mencapai semua permukaan gigi sehingga giginya bersih, sehingga sisa-sisa makan-an tidak menetap dan merusak gigi.

Konsumsi Makanan yang Benar

Selain menggosok gigi, mengkonsumsi makanan dengan benar juga sangat penting. Jangan terlalu sering memberi anak makanan yang manis dan lengket, karena makanan jenis ini mudah tertinggal dan melekat pada gigi. Akibatnya makanan manis itu akan bereaksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam yang dapat merusak email gigi.

Sebaliknya, berikanlah aneka makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, yang membutuhkan proses pengunyahan berulang-ulang. Hal ini sangat baik, karena proses pengunyahan tersebut dapat berfungsi sebagai sikat pembersih.

Ada kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan anak kecil yaitu tidur sambil minum dari botol susu atau sari buah. Selain mempengaruhi pertumbuhan rahang dan gigi, bila dibiarkan terlalu lama, kebiasaan itu bisa menyebabkan rusaknya gigi si Kecil. Sebab, di dalam minuman tersebut terdapat musuh utama gigi, yaitu gula.

Itulah sebabnya kebiasaan buruk si Kecil perlu dicegah. Misalnya jangan memberikan minuman di dalam botol pada saat dia akan tidur. Bila kebiasaannya untuk tidur sambil "ngedot" ini sudah berlangsung lama, gantilah minumannya dengan air putih saja.
 Pada saat pertumbuhan giginya, si Kecil memang sering rewel karena gusinya terasa sakit dan gatal. Berilah perhatian ekstra pada anak Anda dengan mengajaknya bermain dan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, sering-seringlah memberinya tambahan vitamin C, yang terdapat dalam jus buah tanpa gula.

No comments: