Thursday 28 February 2013

Wanita Gemuk Lebih Sulit Hamil


Wanita gemuk dengan Sindroma Ovarium Polikistik (SOP) akan lebih mudah untuk hamil bila berat badannya diturunkan. Karena dengan mengurangi berat badan, akan memperbaiki pelepasan sel telur dari indung telur, sehingga memperbesar kemungkinan untuk dapat hamil.

Sindroma Ovarium Polikistik merupakan suatu penyakit dimana pada indung telur terdapat beberapa kista (tumor yang berisi cairan di dalamnya). SOP ini sering dihubungkan dengan masalah haid, kegemukan dan infertilitas (mandul).

Dari 38 pasien SOP yang gemuk, dimana mereka menjalani program diet dan latihan selama 24 minggu dengan atau tanpa Metformin, yaitu suatu obat diabetes yang dapat menurunkan berat badan. Beberapa wanita tidak mendapat pengobatan ataupun diet karena menjadi kelompok kontrol.

Kelompok pasien yang mendapat pengobatan dan latihan mengalami penurunan berat badan sedang kelompok kontrol, berat badannya tetap. Dari kelompok pasien yang melakukan diet dan olahraga, mereka yang menggunakan terapi Metformin memberikan hasil terbaik dalam pencapaian berat badan yang diinginkan.

Wanita yang mengalami penurunan berat badan tanpa Mmetformin, 9 kali lebih mungkin untuk mengalami ovulasi (lepasnya sel telur dari indung telur) secara teratur, dibanding dengan wanita yang tidak mengalami penurunan berat badan. Sedang wanita yang mengalami penurunan berat badan dengan Metformin, 16 kali lebih mungkin untuk mengalami ovulasi teratur dibanding dengan wanita yang tidak mengalami penurunan berat badan.

Sumber: Jurnal Fertility and Sterility

No comments: