Thursday 28 February 2013

Bicarakan Masalah Keuangan Dengan Anak?


Apakah Anda memberitahu anak Anda jumlah penghasilan, jumlah hutang, dan jenis investasi yang Anda miliki? Menurut Elizabeth Schiever, direktur High School Financial Endowment for Financial Education, Denver, sebaiknya anak-anak mengetahui kondisi keuangan keluarga secepat anak Anda menangkap penjelasan ini.

Menurut Elizabeth, jika seorang anak memiliki gambaran secara realistis mengenai keuangan keluarga, maka akan membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan baik dalam masalah keuangan. Memberitahu mereka jika keadaan sedang gawat dan memberi tahukan kepada mereka tentang apa yang mereka dapat dan tidak dapat ketika meminta Anda untuk membelikan mereka sesuatu.

Jika Anda merasa anak Anda telah siap, biasanya saat anak Anda telah berusia 9 hingga 10 tahun, Elizabeth menganjurkan para orang tua untuk mengajak anak duduk bersama dan mengelompokkan uang untuk berbagai kebutuhan. Lalu secara bertahap, ajari mereka tentang anggaran keluarga sejalan dengan pertambahan usia mereka. Termasuk di dalamnya jenis investasi dan asuransi yang Anda miliki. Karena pada saat anak masuk ke perguruan tinggi, mereka sudah harus mendapatkan gambaran yang jelas mengenai status keuangan keluarga.

No comments: