Thursday 28 February 2013

Tekanan Darah Pengaruhi Fungsi Otak


Kemampuan berpikir dan fungsi kognitif seseorang ternyata juga dipengaruhi oleh tekanan darah. Menurut National Institutes of Health, Amerika, kriteria batasan tekanan darah yang normal adalah 120/80. Diatas tekanan darah itu telah disebut dengan prahipertensi yaitu untuk sistolik adalah 120 - 139 mm Hg dan diastoliknya 80 - 89 mm Hg. Jadi untuk hipertensi atau tekanan darah yang tinggi adalah 140/90.

Penelitian terbaru dalam jurnal medis Hypertension, menyebutkan bahwa tekanan darah yang tidak normal baik diatas maupun di bawah normal, dapat menyebabkan gangguan dalam kemampuan dalam berpikir atau gangguan dari fungsi kognitifnya. Tapi hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, tingkat pendidikan dan juga penggunaan dari obat-obat hipertensi.

Penelitian di Amerika ini dilakukan terhadap 847 orang partisipan yang diminta untuk menyelesaikan serangkain tes fungsi kognitif hingga tujuh kali selama jangka waktu 11 tahun.

Hasilnya, nilai sistolik yang tinggi (nilai atas dari nilai pengukuran tekanan darah) berhubungan dengan fungsi kognitif yang menurun pada partisipan yang berusia lebih tua. Sedang nilai diastolik (nilai bawah dari nilai pengukuran tekanan darah) yang meningkat atau menurun, berhubungan dengan gangguan fungsi kognitif dari partisipan yang berusia lebih tua, pendidikan kurang dan tidak mengkonsumsi obat hipertensi.

Pengawasan dan pengobatan terhadap tekanan darah yang tidak normal bukan saja dapat mencegah penurunan fungsi kecerdasan seseorang, tapi juga terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

Sumber: Jurnal Hypertension

No comments: