Thursday 29 April 2010

Otak Pria & Wanita Ternyata Berbeda

Tahukah Anda? Perbedaan antara otak pria dan wanita ternyata terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian tersebut berhubungan, dan juga cara kerjanya.

Besarnya Memori
Pusat memori atau hippocampus pada otak wanita adalah lebih besar dibandingkan otak pria. Hal itu mungkin salah satu alasan mengapa kaum pria umumnya mudah lupa, sedangkan wanita lebih mampu mengingat segala hal secara detail.

Perbedaan Spasial
Pada pria, otaknya cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Jadi tidak heran jika pria suka sekali mengutak-atik kendaraan atau mesin lainnya.

Perbedaan Verbal
Bagian korteks pada otak pria lebih banyak melakukan fungsi-fungsi spasial dan mereka cenderung memberikan porsi lebih sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan (corpus collosum) pada otak pria adalah lebih kecil seperempat kalinya dibandingkan otak wanita. Jika otak pria umumnya hanya menggunakan belahan otak kanan, otak wanita mampu memaksimalkan keduanya. Itulah sebabnya mengapa wanita lebih banyak berbicara dibandingkan pria. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa wanita mampu menggunakan 20.000 kata per hari, sedangkan pria hanya 7.000 kata saja.

Perbedaan bahan kimia
Otak wanita lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya dapat bersikap tenang, sehingga wanita umumnya lebih tenang ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan kaum pria lebih cepat emosi. Selain itu, otak wanita juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Hal tersebut mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu dibandingkan mereka berbicara.

No comments: