Friday 30 April 2010

Perawatan Khusus Mata Anda

Jika Anda ingin tampil cantik sempurna, sebaiknya Anda jangan mengabaikan perawatan mata karena mata memang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kecantikan. Meski riasan wajah Anda sederhana, tapi Anda tidak melakukan perawatan mata, maka kedua mata Anda tidak akan terlihat sempurna dan merusak penampilan Anda.

Kulit seputar mata sangatlah peka karena lebih tipis daripada kulit bagian wajah lainnya sehingga tidak heran bila bagian inilah yang pertama kali menampakkan tanda penuaan seperti garis halus, kantung mata, dan lingkaran gelap. Penuaan alami akan semakin terlihat jika Anda sering mengeryitkan mata atau menggosok mata sehingga menimbulkan kerutan pada wajah Anda. Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang juga bisa merusak penampilan mata Anda.

Sinar matahari. Sinar UVA dari matahari akan membuat kulit di seputar mata menjadi gelap, sedangkan UVB akan membuat timbulnya kerutan. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menggunakan pelembap mata yang mengandung tabir surya.

Asap rokok. Sebenarnya asap rokok sama saja dengan asap knalpot yang merupakan polutan yang sarat akan radikal bebas yang mampu menghancurkan sel-sel kulit dan mempersempit aliran darah, sehingga otomatis asupan gizi terhambat. Panas dari asap rokok juga akan membuat kulit kering. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda menggunakan pelembab mata yang mengandung antioksidan agar melindungi Anda dari radikal bebas.

Rias mata sama pentingnya dengan rias bagian wajah lainnya, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini.

Eyeliner. Jika anda ingin memberi kesan mata terlihat segar maka Anda bisa kenakan eyeliner putih pada bagian dalam kelopak mata bawah. Bila Anda ingin memberi kesan mata yang lebih besar, maka Anda bisa memilih eyeliner hitam lalu oleskan pada garis kelopak atas dan bawah. Sebaiknya Anda kenakan eyeliner cair untuk memberikan kesan garis mata yang lebih tegas karena eyeliner cair relatif akan lebih sulit dioleskan daripada pensil karena memang membutuhkan ketelitian.

Eyeshadow. Yang harus Anda miliki adalah nuansa kecoklatan dari krem muda hingga coklat gelap. Anda bisa memilih nuansa muda seperti putih, krem, beige yang bisa dikenakan sebagai highlight pada bawah alis. Warna yang lebih gelap bisa Anda gunakan pada kelopak mata. Bagi Anda yang mengenakan kacamata minus, maka Anda bisa memilih warna yang alami seperti nuansa kecoklatan dalam tekstur matte sebagai penyeimbang riasan mata Anda. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan lensa plus, maka Anda bisa mengenakan nuansa warna yang lebih tegas agar mata Anda terlihat besar.

Untuk menyamarkan lingkaran gelap pada bawah mata, Anda bisa mengenakan concealer. Jika kulit Anda terang, maka Anda bisa memilih yang warnanya satu nada lebih terang dari warna kulit Anda. Sedangkan untuk kulit sawo matang dan gelap, maka Anda bisa memilih yang warnanya hampir sama dengan warna alami kulit Anda. Sebagai ganti concealer, Anda bisa mengoleskan foundation pada bagian lingkaran gelap mata Anda.

Selamat mencoba.

No comments: