Wednesday 30 April 2008

Tips Bagi Pengguna Lensa Kontak

Lensa kontak kini semakin popular saja. Harganya yang semakin terjangkau dengan pilihan warna-warninya membuat lensa kontak makin banyak diminati, tidak saja untuk tujuan fungsional tapi juga sebagai pelengkap kosmetik. Sayangnya penggunaan lensa kontak bukan tanpa masalah.Mata gatal, pengendapan protein dan mata berair sering kali menyertai penggunaan lensa kontak. Berikut sejumlah tips untuk membantu Anda meminimalisasi iritasi dan menjaga mata tetap sehat.
Yang sebaiknya Anda lakukan: 
- Bersihkan secara rutin lensa konta Anda dengan larutan garam atau protein tablet untuk menghindari terjadinya pengendapan protein pada lensa. 
- Cek mata Anda ke dokter mata paling tidak tidak sekali setahun. Hal ini amat penting untuk menjaga kesehatan mata dan penggunaan lensa kontak secara aman. 
- Cuci tangan bersih-bersih sebelum memegang lensa kontak. 

- Pasang dulu lensa kontak Anda, sebelum Anda memakai makeup dan lepaskan dulu sebelum membersihkan makeup.
- Biasakan untuk memegang lensa kontak di atas handuk kecil yang bersih. Dengan demikian jika lensa terlepas jatuh, akan tetap bersih dan tidak rusak. Selain itu juga lebih mudah ditemukan. 
- Pakai pelembab yang berbahan dasar non-oil (tidak mengandung minyak). 
- Simpan selalu lensa pada tempatnya dan jaga kebersihannya. 

- Kedipkan mata lebih sering saat sedang menggunakan hair dryer atau jika kena air kencang, untuk mencegah mata kekeringan.
Yang sebaiknya TIDAK Anda lakukan:

- Mencuci tangan dengan sabun berbentuk cream. Lapisan film akan tertinggal pada tangan Anda dan bisa berpindah ke lensa.
- ‘Memegang’ lensa dengan bibir atau membasahinya dengan saliva. Bakteri yang ada di bibir atau air liur bisa menjadi sumber infeksi mata. 
- Menggunakan larutan garam rumah. Larutan garam yang tidak semestinya bisa berpotensi menyebabkan kebutaan sementara. 
- Menggunakan lotion atau cream. Lensa Anda akan terlapis film karenanya. 
- Menggunakan maskara yang waterproof. Maskara jenis ini sulit dibersihkan dengan air dan jika menempel di lensa, sulit menghilangkannya. 
- Menggunakan hairspray setelah memasang lensa kontak. Tapi jika terpaksa, tutup mata saat menyemprotkan hairspray dan tutup terus beberapa detik setelahnya.

No comments: