Tuesday 29 April 2008

Cara Mudah Merawat Kuku

Coba perhatikan kuku Anda. Apakah kasar dan mudah patah pinggirnya? Kondisi buruk kuku seringkali dihubungkan dengan penyakit seperti asma, gangguan jantung, nutrisi yang tak memadai dan stres. Walau begitu bukan berarti kuku tak bisa dirawat dengan baik.
Nutrisi makanan yang baik merupakan kunci utama untuk kesehatan kuku. Kuku yang terbuat dari protein yang dikenal dengan nama keratin ini merupakan jaringan paling kuat dari tubuh kita, yang melindungi ujung-ujung jari tangan dan kaki. 
Karena itu penting Anda perhatikan untuk mengkonsumi protein dan vitamin yang cukup. Kekurangan vitamin esensial dan kalsium akan menghasilkan kutikula yang kasar, pinggiran kuku mengelupas dan kuku kering. 

Berikut vitamin esensial, kalsium dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk kesehatan kuku Anda:
Asam amino lengkap, vitamin C, vitamin E dan biotin dikonsumsi bersamaan akan membantu tubuh menghasilkan kerotin yang dibutuhkan sehingga kesehatan kuku secara keseluruhan akan membaik. 

Pinggiran kuku yg kasar merupakan tanda kekurangan vitamin B, karena itu tambahkan vitamin B dalam menu makanan Anda.
Jika kuku Anda membengkak dan sakit, letakkan potongan buah jeruk pada bengkaknya. Bengkak Anda akan segera sembuh. 
Minyak dari batang tanaman teh dan minyak bawang putih merupakan obat yang cukup ampuh untuk mengatasi jamur kuku. 
Jangan lupa selalu mengenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun atau mencuci piring. Selalu menjaga kuku agar tidak terlalu panjang juga merupakan kebiasaan yang menyehatkan kuku.

No comments: