Tuesday 29 April 2008

Produk Perawatan dari Bahan Alami

Banyaknya produk kosmetik di pasaran bisa membuat wanita kebingungan mana yang pas buat mereka. Belum lagi jika ada ketakutan akan kemungkinan alergi. Padahal berbagai bahan di dapur bisa menjadi produk perawatan alamiah yang manfaatnya tak kalah dengan kosmetik merek ternama.
Timun. Banyak manfaat yang bisa didapat dari timun. Jus campuran dari satu buah timun, setengah umbi bit dan satu wortel bisa mengatasi dehidrasi dengan cepat, menganulir keasaman dan mendorong pertumbuhan rambut. 
Timun juga bagus untuk penyegar kulit wajah dengan menempelkan atau menggosokkan potongan timun setiap hari. Selain itu, timun bisa menjadi pendingin kulit yang panas terpapar sinar matahari. Juga membantu menyamarkan noda bekas jerawat. 
Wortel. Jus wortel membantu ‘membersihkan’ darah, meningkatkan daya penglihatan mata dan menjaga kulit tampak sehat. Jika diminum secara teratur akan mencegah sembelit. 
Parutan bawang bombay yang dicampur dengan sari jus wortel dan madu bisa mengatasi kulit kering lebih cepat. Pakai sebagai masker. Sedangkan untuk kulit berminyak yang cenderung berjerawat, campurkan beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam jus wortel lalu oleskan pada kulit wajah. 

Almond. Rendam 10 kacang almond semalam. Pagi harinya giling sampai jadi pasta. Campur dengan tahu dan beberapa tetes air jeruk nipis. Pakai sebagai masker pada wajah dan leher. Ramuan ini membuat kulit lebih cerah dan lebih lembut, menghilangkan noda, jerawat dan menunda munculnya kerut merut.
Campur satu sendok teh pasta almond dengan timun parut dan satu sendok teh kentang parut. Pakai sebagai kompres pada mata tertutup selama 10 menit setiap harinya. 
Selain itu, untuk mendapatkan kecantikan alami yang membuat Anda tampak segar, lakukan hal-hal berikut: 
- Mulailah hari Anda dengan minum segelas air hangat plus sesendok teh madu. 

- Usahakan makan buah pada saat sarapan serta sayuran pada makan siang dan malam. Sepotong tahu setiap hari bagus untuk kulit dan rambut.
- Untuk menghilangkan ketombe, campur dengan kuantitas yang sama buttermilk dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala. Biarkan 30 menit lalu bilas. Lakukan setiap seminggu sekali. 
- Minum minimal enam gelas air putih sehari, hindari makanan berminyak dan terlalu pedas. 
- Jangan lupa olahraga sekitar 20 menit setiap hari.

No comments: