Wednesday 30 April 2008

Menjaga Kelenturan Kulit dan Otot Leher

Menjaga posisi leher dengan benar merupakan salah satu cara untuk menjaga tidak saja kelenturan kulit tapi juga otot. Tidak saja waktu duduk atau berdiri, saat berbaring, berjalan maupun berolahraga, posisi leher perlu diperhatikan. Namun, itu saja tidak cukup. Pijat dan ‘olah leher’ diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal.
Untuk pijat atau massage, Anda bisa menggunakan minyal almond atau minyak zaitun. Oleskan minyak di leher secukupnya, tidak perlu berlebihan. Kemudian lakukan pijatan dengan menggunakan telapak tangan. 
Gunakan kedua tangan bergantian dan berurutan serta lakukan pijatan dari kiri ke kanan leher. Mulailah pijatan dari dasar leher dengan telapak tangan ke arah atas. 
Akhiri pijatan dengan ujung-ujung jari mengarah ke atas ketika sampai di bawah dagu. Lakukan hal ini selama tiga atau empat menit, minimal seminggu sekali. 
Untuk memperkuat otot leher, lakukan latihan berikut: 
- Duduk tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan lembut putar kepala searah putaran jarum jam. Lakukan sebanyak lima kali, lalu putar ke arah sebaliknya sebanyak lima kali juga dan kembali ke posisi semula. 
- Duduk tegak dengan dagu lurus sejajar tubuh, palingkan kepala ke arah kanan sampai dagu di atas bahu. Tahan sampai hitangan ke lima lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ke arah kiri dan lakukan latihan sebanyak lima kali. 
- Tegakkan kepala di tengah-tengah, lalu rebahkan ke arah kanan. Tahan sampai hitungan ke 10. Usahakan posisi bahu tidak berubah dan dalam keadaan rileks. 
- Lakukan latihan tersebut di atas paling tidak sekali sehari.

No comments: