Tuesday 30 April 2013

Kehamilan: Bulan III dan IV


Sekarang kehamilan Ibu sudah memasuki bulan ketiga. Perubahan fisik akan adanya kehamilan semakin nyata. Dan bagaimana keadaan janin dalam kandungan memasuki bulan ketiga dan keempat ?

Bulan III

Baju Anda mulai kesempitan? Wah, itu namanya pertanda bagus. Jadi bersiap-siaplah untuk membeli baju yang lebih longgar. Apakah Anda masih merasa mual-mual. Sepanjang tidak berlebihan Anda tidak perlu khawatir. Mual-mual adalah tanda bahwa hormon kehamilan Anda cukup baik. Tapi umumnya pada akhir trimester ketiga, rasa mual pun sudah mulai berkurang.

Pada akhir bulan ketiga, panjang si kecil sudah mencapai sekitar 12 cm dan beratnya kira-kira 40 gram. Masih kecil ya. Walau begitu, tangan dan kakinya sudah mulai bergerak lho. Kuku pun mulai tumbuh. Tapi, jangan berharap Anda dapat merasakan gerakannya pada saat ini.

Organ seksual juga mulai terbentuk pada masa ini. Saluran kencing telah berkembang dan berfungsi.

Bulan IV

Nah, mudah-mudahan rasa mual sudah tidak mengganggu Anda lagi. Walau begitu, rasa mual masih tetap dirasakan oleh sebagian wanita. Bulan IV adalah bulan di mana sebagian orang mulai menyadari bahwa Anda sedang mengandung si buah hati (tanpa perlu diberitahu sebelumnya).

Si kecil sekarang semakin bertambah besar. Panjangnya sudah mencapai antara19 dan 25 cm. Gerakannya mulai dapat dirasakan oleh ibu, khususnya pada mereka yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

No comments: