Tuesday 30 April 2013

Herpes Pada Kornea


Herpes juga dapat terjadi pada kornea. Herpes ini dinamakan herpes simpleks. Herpes simpleks ini merupakan suatu kondisi infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks, dan didiagnosa berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. Dari penelitian, diketahui bahwa 50% penderita mengalami infeksi virus yang terjadi secara berulang-ulang (kambuh) yang terjadi dalam beberapa minggu atau beberapa tahun setelah infeksi pertama.

Pada stadium awal, infeksi ini menyerupai infeksi bakteri yang ringan karena gejala yang timbul bersifat ringan (seperti mata terasa nyeri, berair, merah dan peka terhadap cahaya). Pembengkakan yang terjadi pada kornea menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Infeksi seringkali hanya menyebabkan perubahan yang ringan pada kornea dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun terkadang virus menembus lebih dalam dan menghancurkan permukaan kornea.

Jika infeksi terjadi secara berulang-ulang, kemungkinan besar terdapat ulserasi (pembentukan luka terbuka), pembentukan jaringan parut yang bersifat menetap, serta hilangnya rasa ketika mata disentuh. Virus herpes simpleks juga dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan pembuluh darah dan gangguan penglihatan, hingga kebutaan.

Bagi para penderita herpes simpleks, diberikan obat-obatan seperti obat anti virus seperti trifluridin, vidarabin atau idoxuridine, yang biasanya berbentuk salep atau larutan pencuci mata. Dan untuk mempercepat penyembuhan, dokter spesialis mata menggunakan bantuan kapas untuk mengangkat sel-sel yang mati dan rusak dari permukaan kornea.

No comments: