Tuesday 30 April 2013

Bahaya Kegemukan Pada Kehamilan


Kegemukan merupakan faktor risiko untuk sejumlah penyakit, sebut saja penyakit jantung, stroke, diabetes dan banyak lagi lainnya. Bagaimana bila kegemukan dialami oleh ibu hamil? ternyata risikonya bukan saja pada sang ibu, tapi juga berisiko bagi sang janin.

Bayi yang lahir dari ibu yang gemuk dapat mengalami cacat lahir seperti Spina Bifida, yaitu suatu kelainan bawaan dimana bagian bawah tabung saraf tidak menutup sempurna. Akibatnya dapat terjadi kelumpuhan, gangguan dalam mengontrol buang air dan kadang dapat disertai dengan hidrosefalus ('kepala air').

Selain risiko pada bayi, kegemukan dapat membawa sang ibu menderita hipertensi, pre eklampsia dan eklampsia (kejang pada kehamilan), dan diabetes dalam kehamilan.

Untuk ibu yang mempunyai berat badan normal, peningkatan berat badan saat kehamilan dianjurkan antara 11 - 16 kg. Tapi untuk ibu yang mempunyai berat badan berlebih, peningkatan berat badan hanya antara 6,5 - 11 kg. Sedang untuk ibu yang gemuk, penambahan berat badan dianjurkan kurang dari 6,5 kg. Tapi sebelumnya, konsultasilah dengan dokter, agar ibu dan juga anak yang akan lahir dapat sehat dan selamat.

No comments: