Friday 31 August 2012

Nyeri Lutut Muncul, Atasi Dengan Latihan Pinggul


Kondisi nyeri lutut yang kronis, disebut juga dengan syndrome patellofemoral, dapat disembuhkan dengan latihan atau olahraga yang memperkuat dan juga meregangkan otot-otot pinggul. Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi yang melibatkan 35 orang dewasa dengan kondisi tersebut. Ketika para pasien mampu meningkatkan kekuatan dan kelenturan pinggulnya melalui terapi fisik, nyeri lutut mereka menjadi berkurang.

Nyeri patellofemoral terjadi di bagian bawah atau sekitar tempurung lutut dan semakin memburuk setelah beraktivitas dengan menggunakan lutut dalam waktu cukup lama. Ketika lutut bergerak, tempurung lutut akan bergeser ke arah tulang paha dan jaringan ikat yang tidak benar tersebut akan menyebabkan terjadinya nyeri patellofemoral. Terapi untuk nyeri patellofemoral difokuskan pada tempurung lutut. Sedangkan latihan untuk otot-otot pinggul akan menstabilkan tulang paha maupun tulang pinggul.

Penelitian itu sudah dipublikasikan dalam American Journal of Sports Medicine, melibatkan 35?pasien yang telah menjalani terapi selama enam minggu untuk nyeri patellofemoral. Caranya lebih difokuskan untuk memperkuat dan memperbaiki fleksibilitas otot yang bekerja pada pinggul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi tersebut berhasil pada dua pertiga pasien dan memperkuat otot pinggul.?Dari 26 lutut yang berhasil diobati, kekuatan otot pinggulnya meningkat sekitar 35%. Sedangkan pada kasus lainnya, dimana nyeri patellofemoral belum terobati, tidak terjadi penambahan kekuatan pada otot pinggul. Inti dari penelitian tersebut menunjukkan pentingnya fungsi otot pinggul dalam nyeri patellofemoral.

Sumber: American Journal of Sports Medicine

No comments: