Thursday 30 August 2012

Lama Waktu Relaktasi

Jangka waktu yang dibutuhkan agar pasokan ASI seorang ibu meningkat, sangat bervariasi. Akan membantu jika ibu termotivasi untuk segera kembali menyusui serta meningkatkan ASI yang dimilikinya. Namun jangan cemas jika Anda memerlukan waktu lebih banyak dari yang dieprkirakan sebelumnya.

Untuk bayi yang kadang-kadang masih menyusu, pasokan ASI dapat meningkat dalam beberapa hari. Namun, jika bayi sudah berhenti menyusu, diperlukan waktu kurang lebih 1 hingga 2 minggu, atau bahkan lebih sebelum sejumlah besar ASI keluar. Relaktasi akan lebih mudah jika bayi masih sangat kecil (kurang dari 2 bulan) daripada kalau bayinya sudah lebih besar (di atas 6 bulan). Namun tidak ada batasan relaktasi dapat dilakukan pada usia tertentu.

Relaktasi lebih mudah jika bayi baru saja berhenti menyusu, dari pada bayi yang sudah lama berhenti menyusu. Relaktasi dapat dilakukan kapan saja. Wanita yang bertahun-tahun tidak menyusui dapat menghasilkan ASI lagi, bahkan sekalipun ia sudah menopause. Misalnya, seorang nenek dapat menyusui cucunya.

No comments: