Friday 30 September 2011

Hidup Bahagia Tanpa Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang sering terjadi pada kaum wanita. Berbagai penelitian tentang kanker payudara berkembang pesat saat ini.
Kanker payudara selain menyerang wanita, juga dapat menyerang kaum pria dengan gejala, diagnosa, serta pengobatan yang bisa sama seperti kanker payudara yang dialami oleh wanita. Sampai saat ini, banyak peneliti berusaha mencari informasi tentang penyebab utama kanker payudara dan cara pencegahan maupun pengobatan terhadap penyakit tersebut.

Kanker payudara berasal dari sekelompok sel tidak normal yang terus tumbuh. Sel kanker tersebut dapat bersembunyi di dalam tubuh kita selama bertahun-tahun tanpa kita ketahui, dan tiba-tiba aktif menjadi tumor yang ganas dengan membentuk suatu benjolan di payudara. Jika hal ini tidak terkontrol, sel-sel kanker dapat menyebar pada bagian tubuh lainnya dan akhirnya dapat mengakibatkan kematian.

Siapakah faktor resiko terbesar yang mudah terkena kanker payudara? Kanker payudara biasanya menyerang wanita yang berumur lebih dari 30 tahun, pernah mempunyai riwayat kanker payudara, tidak pernah menikah, menikah tetapi tidak pernah melahirkan anak, tidak menyusui, mendapat haid pertama pada usia yang sangat muda, dan cenderung terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih.

Menurut buku Your Guide to Breast Cancer Treatment, pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara operasi, terapi radiasi, terapi hormon, dan terapi kimia atau kemoterapi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran dapat menurunkan resiko terjadinya kanker payudara. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat mencegah kerusakan sel-sel yang dapat mengkibatkan kanker. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun, dapat melindungi kita dari kanker payudara. Sedangkan lemak jenuh, seperti yang terdapat dalam daging dan mentega, dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara.

Dengan melihat berbagai kemajuan pengetahuan dan informasi tentang kanker payudara, kita pasti mengerti bagaimana caranya hidup bahagia tanpa tersiksa oleh kanker payudara

No comments: