Thursday 31 March 2011

Saat Hamil, Berapa Banyak Makanan yang Diperlukan?

Secara umum, banyaknya makanan yang diperlukan pada kehamilan bisa dilihat pada detail di bawah ini. Detail tersebut berlaku pada kehamilan normal tanpa gangguan. Jika kehamilan terganggu (misalnya akibat mual muntah berlebihan), tentu dibutuhkan penyesuaian. Contohnya :

Pada trimester pertama
Pada umur kehamilan 1-3 bulan dapat terjadi penurunan berat badan ibu akibat pusing, mual dan muntah. Guna menghindarinya sebaiknya makanlah makanan dalam porsi kecil namun sering, contoh: susu, sari buah, roti kering.

Pada trimester kedua
Nafsu makan ibu mulai membaik sehingga porsi makanan mulai kembali seperti sebelum hamil berupa tiga porsi makanan utama sehari ditambah 1 porsi makanan selingan. Hidangan lauk pauk hewani seperti telur, ikan, daging, dan teri sangat baik serta mampu mengurangi risiko kurang darah.

Pada trimester ketiga
Banyaknya makanan pada periode ini sebaiknya disesuaikan dengan keadaan ibu. Jika ibu hamil memiliki berat badan berlebih, sebaiknya makanan pokok (tepung-tepungan, misalnya nasi, roti, sirup, kue-kue) dikurangi dan sayuran serta buah-buahan segar diperbanyak. Selain membantu menjaga berat badan, sayur dan buah juga membantu mencegah sembelit (susah buang air besar).

Jika ibu hamil mengalami udem (bengkak-bengkak pada kaki), sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan yang asin, dan batasi penggunaan garam saat memasak makanan.

No comments: