Thursday 31 March 2011

Mengatasi Anak Sulit Makan

Si kecil yang sulit makan, tentu akan membuat Ibu pusing. Karena bila hal ini berlangsung lama, tentu akan mempengaruhi masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, cobalah beberapa cara berikut ini. Semoga masalah satu ini dapat segera diatasi.

1. Perhatikan jadwal makannya. Pastikan tidak terlalu dekat antara waktu minum susu, jus, cemilan dan makan utama. Makanan lebih mudah diberikan jika ia merasa lapar.
2. Variasikan menu bayi Anda dengan koleksi aneka resep. Lihat reaksinya. Jika ada suatu resep yang disukainya, segera beri tanda agar bisa lebih sering diberikan padanya.
3. Ganti suasana makan, misalnya biasanya ia makan di ruang makan atau ruang bermain, ajak ia keluar rumah, duduk di taman atau makan bersama-sama teman-teman sebayanya.
4. Pilihlah alat-alat makan yang bervariasi dan lucu dengan warna-warna terang Usahakan menyajikan makanan yang tampak menarik.
5. Berikan ia mangkuk/piring sendiri, tuangkan sedikit makanan dan biarkan ia mengambil makanan dan menyuapnya sendiri. Sambil sesekali Anda mencuri-curi kesempatan memasukan makanan ke mulutnya.

Jangan paksa ia makan karena akan membuatnya trauma. Pastikan suasana yang menyenangkan baginya. Seperti juga orang dewasa, ada kalanya ia tidak begitu ingin makan. Maka biarkan ia makan separuh porsinya saja sekali-kali. Tutuplah kekurangan nutrisi dengan memberinya puding atau selingan yang ia sukai.

Jika perlu, mintalah vitamin penambah nafsu makan pada anak setelah konsultasi pada dokter. Sebaiknya jangan memberi vitamin tanpa petunjuk dokter.

No comments: