Sunday 31 August 2008

Cara Pengangkatan Rahim

Pengangkatan rahim merupakan tindakan yang irreversuble (tidak dapat kembali pada keadaan semula). Oleh karena itu hal ini tentu harus dipertimbangkan masak-masak.

Berikut ini beberapa cara pengangkatan rahim :

1. Melalui dinding perut
Pengangkatan rahim dilakukan dengan cara membuka dinding perut, sehingga setelah terjadi tindakan akan meninggalkan bekas luka (seperti yang biasanya terjadi pada operasi sesar).

2. Melalui vagina
Pengangkatan rahim dengan cara ini dianggap lebih aman dan lebih baik dibandingkan dengan membuka dinding perut, karena selain tidak meninggalkan bekas luka, resiko terjadinya komplikasi lebih sedikit dan masa penyembuhannya lebih singkat.

3. Laparaskopi
Operasi pengangkatan rahim dilakukan dengan menggunakan alat yang dimasukkan melalui sayatan kecil di dinding perut. Luka bekas operasi kecil. Jika operasi ini dilakukan oleh dokter yang terampil, risiko operasi rendah dan pasien dapat lebih cepat pulang ke rumah.

4. Lavh
Lavh merupakan singkatan dari Laparascopic Assisted Vaginal Hysterectomy. Lavh merupakan gabungan antara operasi pengangkatan rahim melalui vagina dan laparaskopi.

No comments: