Saturday 26 January 2008

Waspadai 3 Daerah Rawan Tulang Keropos

Tulang tubuh manusia butuh kalsium. Jika kekurangan mineral ini bisa menyebabkan tulang keropos dan patah. Waspadai pengeroposan tulang di 3 daerah rawan. Apa saja?

"Ada 3 daerah rawan keropos, yakni pergelangan tangan, tulang pinggul, dan pinggang bagian bawah belakang," kata Dr Tanya Rotikan SpKO.

Menurut Tanya, tulang merupakan struktur penting pembentuk rangka tubuh manusia. Dan tulang adalah jaringan hidup yang selalu mengalami proses pembentukan dan pembongkaran.

"Jika osteoporosis, saat itu kondisi tulang menurun, sehingga tulang menjadi tipis, keropos, rapuh, dan mudah patah," ujar dia.

Tanya menjelaskan, jika tulang telah patah, contohnya tulang pinggul, maka akan berbahaya. "Penderita akan naik kursi roda, rasa sakit yang hebat," imbuh dia.

Berdasarkan penelitian di Australia, lanjut Tanya, penderita yang mengalami patah tulang pinggul, selain tidak bisa jalan dan biaya operasi yang hebat, biasanya pasien akan mengalami frustasi yang hebat karena terbiasa jalan.

"20 Persen pasien yang patah tulang pinggul akan meninggal dalam waktu 6 bulan. Jadi lebih baik mencegah," katanya.

Sementara ahli tulang Dr Briliantono SpOT FICS MD PhD MBA mengatakan, sebagian besar pasiennya yang mengalami osteoporosis datang dengan keluhan yang berbeda-beda. "Pasien banyak yang datang mengeluh paha sakit, atau tulang pinggang dan pinggulnya sakit, padahal dia tidak terjatuh," ujar dia.

No comments: