Monday 21 January 2008

10 Cara Agar Hidup Penuh Energi

Hidup bisa naik turun. Kadang merasa semangat, kadang merasa bosan hidup. Ada cara agar hidup tetap berenergi dan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Perhatikan faktor berikut yang akan menjamin gaya hidup lebih sehat dan penuh daya hidup.

1. Kelola stres dengan efektif. Stres yang menetap dapat mengikis rasa percaya diri dan energi Anda. Bagaimana pun, ketika stres dikelola secara baik, pikiran dapat bebas berkreasi dan energi pun tidak habis terbuang.

2. Berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Berolahraga menjaga kebugaran tubuh lebih baik dan membantu mempertahankan berat badan ideal. Tanpa olahraga, pikiran menjadi malas.

3. Kembangkan hubungan yang sehat. Orang bersama teman yang dapat dipercaya dan mempunyai ikatan keluarga yang dekat lebih sedikit kemungkinan untuk sakit dan mereka mengalami penyembuhan yang lebih baik ketika sakit. Memiliki hubungan yang berarti dapat menggairahkan seseorang dalam kehidupan rutinnya.

4. Ambillah waktu untuk istirahat dan relaksasi yang cukup. Jangan biarkan tekanan seperti rapat, deadline tugas, dan harapan orang lain menguras energi anda. Hindari kelelahan. Lakukan tidur yang rutin dan cukup. Nikmati hari libur di akhir minggu untuk beristirahat dan memperbaharui diri. Liburan tahunan adalah cara yang baik untuk mengisi “baterai kehidupan” kita.

5. Pertahankan keseimbangan dalam hidup. Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan kendaraan oleng di jalan dengan kecepatan tinggi dan menyebabkan ban rusak. Jadi hidup tanpa keseimbangan dapat membuat anda sedih, stres, dan tegang. Hidup yang seimbang memberikan ketenangan, kedamaian, dan energi baru untuk hidup.

6. Makanlah makanan kaya antioksidan. Gandum, buah-buahan dan sayuran (terutama yang berwarna) mengandung sejumlah fitokimia yang membantu kesehatan. Kandungan terbanyaknya adalah antioksidan yang melindungi sel-sel dari kanker, penyakit jantung dan penuaan. Pomgranates, bluberry, cranberries dan berry lainnya mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Orang yang mengkonsumsi makanan yang kaya serat juga cenderung memiliki lebih banyak energi.

7. Pelihara spiritual anda berdasarkan keyakinan yang dianut. Mempelajari kitab suci akan menantang pikiran. Melihat bagaimana Tuhan bekerja di masa lalu dapat membangun rasa percaya diri. Kehidupan beragama yang dinamis dan membantu mereka yang membutuhkan akan menggairahkan hidup seseorang.

8. Menjaga asupan cairan. Bahkan dehidrasi ringan dapat mengganggu sejumlah aspek penting fungsi kognitif seperti konsentrasi, kesadaran, dan memori jangka pendek. Retensi cairan juga dihubungkan dengan peningkatan sakit kepala dan kelelahan, kerusakan pada waktu bereaksi, perhatian, dan koordinasi. Pemberian cairan yang cukup membantu melawan kelelahan dan mempromosikan kesadaran mental.

9. Jagalah jadwal teratur. Gaya hidup yang tidak teratur dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan akuitas mental, gangguan konsentrasi, mudah terganggu. Ikuti jadwal yang teratur dapat membantu menjaga mental anda segar dan terjaga.

10. Proaktif dalam mencegah penyakit. Ambilah tanggung jawab pribadi untk kesehatan anda sendiri. Lakukan pemeriksaan kesehatan dan gigi secara teratur. Anda akan merasa jauh lebih baik ketika anda memiliki kendali terhadap kesehatan Anda.

No comments: