Saturday 30 November 2013

Osteoporosis


Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana terjadi kerapuhan tulang akibat berkurangnya jumlah massa tulang dalam jumlah yang bermakna. Kita mungkin lebih mengenalnya dengan istilah tulang keropos.

Terjadinya osteoporosis dipengaruhi oleh banyak keadaan. Dengan kata lain, tidak ada satu penyebab tunggal yang menyebabkan terjadinya keadaan tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya osteoporosis antara lain:
  1. Faktor keturunan (genetik)
  2. Faktor aktivitas fisik (aktivitas yang kurang)
  3. Faktor hormonal (rendahnya kadar hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria)
Osteoporosis merupakan keadaan yang sering terjadi pada wanita pasca menopause. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penurunan kadar hormon estrogen secara cepat saat seorang wanita mencapai usia menopause.

Berbeda dengan pria. Kadar hormon testosteron pada pria tidak turun secara mendadak. Akibatnya, usia pria saat mengalami osteoporosis umumnya lebih tua 5-10 tahun dibanding wanita.

Bagaimana mencegah terjadinya osteoporosis?
  1. Membangun tulang yang baik selagi muda
  2. Berolahraga secara teratur, khususnya latihan beban dan latihan penguatan otot
  3. Konsumsi kalsium secara teratur, khususnya kalsium yang mudah diserap oleh tubuh
  4. Konsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup
  5. Konsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup
  6. Hindari kafein
  7. Hindari konsumsi makanan berprotein tinggi dalam waktu lama (kecuali dalam keadaan tertentu yang memang membutuhkan asupan protein tinggi)
Yang perlu selalu kita ingat adalah asupan nutrisi haruslah seimbang. Jangan berlebih dan jangan pula kurang. Misalnya, asupan kalsium memang dibutuhkan untuk membentuk tulang yang sehat. Tapi asupan kalsium yang berlebihan dapat pula menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

No comments: