Saturday 30 November 2013

Mengenal Karbohidrat Sebagai Makanan Pokok Orang Indonesia


Bagi orang Indonesia, karbohidrat adalah teman utama. Setiap harinya kita dihadapi dengan karbohidrat. Dari mulai makanan pokok seperti nasi, hingga cemilan seperti keripik singkong dan kue-kue.

Karbohidrat mutlak dibutuhkan tubuh di tiap harinya. Fungsinya adalah sebagai energi bagi tubuh. Kekurangan karbohidrat akan menimbulkan efek lapar, maka dari itu banyak dari orang kita mengatakan belum merasa makan ketika tidak mengkonsumsi nasi.

Bukan hanya hal baik, karbohidrat yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti obesitas dan diabetes. Selain dari lemak, obesitas terjadi akibat penumpukan kalori yang tidak terbakar oleh tubuh, dan hasilnya adalah kegemukan. 

Menghindari efek di atas, maka secara bijak sudah seharusnya kita mengenal jenis-jenis karbohidrat. Karbohidrat dihasilkan dari berbagai jenis makanan, namun yang membedakan antara jenis makanan-makanan yang mengandung karbohidrat adalah dari indeks glikemiknya. Semakin besar angka indeks makan akan semakin cepat karbohidrat diserap tubuh.

Makanan berkarbohidrat dengan indeks glikemik rendah adalah beras merah dan outmeal. Dengan mengkonsumsi makan berkarbohidrat rendah maka penyerapan oleh tubuh akan semakin lama. Ini menyebabkan efek perasaan kenyang lebih lama karena makanan demikian mengandung serat. Untuk serat sendiri, nilai baiknya adalah membantu menyehatkan fungsi organ pencernaan.

Konsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik rendah juga sangat cocok digunakan oleh para wanita yang sedang menjalani diet. Selain untuk diet, makanan demikian juga sangat cocok untuk para penderita diabetes.

Adapun contoh makanan-makanannya adalah:

 1. Roti gandum utuh
 2. Nasi merah
 3. Jus apel tanpa pemanis
 4. Kacang merah
 5. Kacang kedelai
 6. Macaroni
 7. Wortel
 8. Talas
 9. Ubi

Mulai hidup sehat dengan pola makanan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

No comments: