Saturday 31 May 2008

Waspadai Kanker Rongga Mulut !

Kanker rongga mulut merupakan akibat dari keganasan dari sel-sel yang terdapat di dalam rongga mulut, termasuk di dalamnya kanker bibir, lidah, kelenjar liur, gusi, maupun dasar mulut. Kanker ini merupakan kasus yang langka, namun perlu mendapat perhatian dari masyarakat.

Gejala kanker ini biasanya berupa infeksi gigi, sariawan yang tak kunjung sembuh selama 2 minggu, nyeri di sekitar mulut terus menerus, produksi air liur yang berlebihan (hipersalivasi) dan bau mulut yang busuk dan menyengat. Kanker rongga mulut disebabkan oleh :

  1. Kebiasan mengunyah sirih
    Mengunyah sirih secara terus menerus akan membuat iritasi pada mulut, sehingga menimbulkan iritasi di gusi karena mulut selalu kotor.

  1. Merokok
    Merokok juga dapat menyebabkan iritasi pada mulut karena mengandung nikotin atau racun.

  1. Susunan gigi yang tidak baik.

  1. Kebersihan rongga mulut yang tak terjaga.

  1. Akar gigi yang mati namun tidak dicabut.

  1. Oral seks
    Kebiasaan melakukan oral seks pun dapat menyebabkan timbulnya kanker di rongga mulut. Apalagi jika daerah sekitar mulut mengalami luka terbuka dan kebersihan sekitar daerah genital tidak terjaga.\

  1. Lubang pada gigi
    Lubang gigi yang tidak ditambal akan menyimpan banyak kotoran dan kuman. Kotoran dan kuman tersebut dapat membuat infeksi gigi.


Meski terdengar berbahaya dan menakutkan, kanker rongga mulut dapat disembuhkan selama masih dalam stadium dini. Agar terhindar dari kanker ini, cara yang paling tepat adalah menghindari faktor-faktor penyebabnya. Oleh karena itu sangat penting menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Berikut cara menjagakebersihan mulut :

  1. Sikatlah gigi secara teratur pada pagi dan malam hari. Dianjurkan agar dapat menggosok gigi setiap habis makan.

  1. Bila ada gigi yang berlubang segera ditambal.

  1. Jika ada akar gigi yang tertinggal segera dibuang.

  1. Periksa gigi minimal 6 bulan sekali untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang mungkin terjadi.

  1. Hindari makanan yang terlalu lengket atau manis karena tidak baik untuk gigi.

  1. Setelah makan makanan yang panas, sebaiknya minum minuman yang hangat. Karena perubahan suhu yang tiba-tiba dapat merusak email gigi.

No comments: