Saturday 31 May 2008

Pengetahuan Tentang Kulit

Kulit berperan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gangguan-gangguan yang terjadi di dalam tubuh, seperti lever, jantung, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh akan tampak pada kulit.

Fungsi utama dari kulit adalah sebagai pelindung tubuh atau protektor. Kulit merupakan benteng pertahanan pertama dari berbagai ancaman yang datang dari luar, seperti bakteri. Sel-sel langerhans yang terdapat dalam lapisan kulit epidermis kulit merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kulit juga berfungsi sebagai sekresi. Minyak yang dihasilkan kelenjar minyak dikeluarkan melalui kulit. Kandungan urea hasil metabolisme tubuh sebagian dikeluarkan melalui kulit (yaitu dengan berkeringat). Fungsi sekresi ini berkaitan dengan fungsi kulit lainnya sebagai thermoregulator atau pengatur suhu tubuh, Dalam kulit juga terdapat syaraf-syaraf yang jika terstimulasi akan diteruskan ke otak sehingga dapat memberikan sensasi panas, dingin, tekanan, getaran, rasa sakit. Kulit juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan lemak, sekaligus mensintesa vitamin D.

Karena beberapa faktor seperti penyakit kronis, makanan yang tidak sehat, paparan sinar matahari, polusi, asap rokok, kosmetika yang tidak tepat, akan membuat kesehatan kulit menjadi terganggu. Kulit akan menjadi kering, tipis, muncul kerutan halus, flek, dan pigmentasi.

Kulit memiliki tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan subkuntan. Epidermis merupakan lapisan paling luar dan berfungsi sebagai lapisan proteksi. Lapisan ini masih terbagi menjadi 5 bagian. Lapisan ini selalu tergantikan. Lapisan atas akan mati dan lepas. Waktu yang diperlukan untuk regenerasi dari lapisan bawah menuju lapisan yang paling atas (stratum corneum / kulit ari) sekitar 3 hingga 4 minggu. Pada beberapa penyakit, seperti psoriasis, regenerasi kulit berlangsung sangat cepat sehingga lapisan kulit cepat menebal. Pada lapisan epidermis, kadar protein lebih banyak dibanding dermis atau subkutan. Kulit mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan unsur-unsur mineral.

Di bawah lapisan epidermis, terdapat lapisan dermis. Terdapat serabut syaraf dan pembuluh darah di dalamnya. Lapisan ini merupakan jaringan pendukung kolagen dan serat elastin yang memberi kekenyalan pada kulit. Dermis juga berfungsi sebagai penyedia makanan epidermis. Yang paling dalam adalah lapisan lemak subkutan, yang berfungsi agar kulit tampil lebih lembut.

No comments: