Saturday 30 April 2011

Apa yang Terjadi Saat Kehamilan Bulan V dan VI ?

Di bulan-bulan ini, Anda mulai dapat merasakan adanya kehidupan baru di dalam rahim Anda. Mulai terasa ada gerakan di perut Anda. Anda mulai dapat melihat bentuk tubuh si kecil lebih jelas dengan alat USG.

Bulan V

Pada saat ini gerakan bayi seharusnya sudah dapat Anda rasakan. Bila belum, jangan terlalu kecewa. Yang penting periksakan diri selalu ke dokter secara teratur untuk mengetahui kesehatan bayi yang Anda kandung.

Panjang tubuh si kecil kini sudah berkisar antara 25 dan 30 cm. Wajahnya, termasuk mata, hidung, telinga dan mulut, sudah terbentuk sempurna. Kalau rambutnya sih memang baru mulai tumbuh. Jangan lupa ya untuk mendengar lagu-lagu yang Anda senangi. Sebaiknya sih lagu klasik. Menurut penelitian, lagu-lagu klasik dapat meningkatkan perkembangan otak anak.

Bulan VI

Jangan lupa asupan nutrisi yang baik. Bulan ini dan bulan-bulan berikutnya adalah masa dimana bayi Anda tumbuh berkembang dengan pesat. Asupan nutrisi yang baik sejak masa sebelum kehamilan sampai menyusui akan mempengaruhi perkembangan bayi Anda.

Pada bulan ini si kecil sudah memiliki panjang antara 30 dan 35 cm. Dia sudah bisa mengisap jempolnya. Matanya juga mulai membuka. Organ seksualnya sudah terbentuk dengan baik, hanya perlu sedikit waktu lagi untuk penyempurnaannya. Kalau Anda berminat untuk mengetahuinya, mintalah dokter untuk melakukan USG. Cuma perlu diingat bahwa tujuan utama USG bayi adalah untuk memantau kesehatan bayi dan bukan sekedar untuk mengetahui jenis kelaminnya.

No comments: