Sunday 27 February 2011

Obati Gangguan Eksim pada Bayi

Laporan terbaru dari majalah Reuters menyatakan bahwa losion yang mengandung steroid (fluticasone) bersifat aman digunakan pada pengobatan eksim jangka pendek, tepatnya atopic dermatitis, pada anak-anak usia tiga bulan atau lebih.

Krim dan salep fluticasone diketahui dapat bekerja dengan baik, namun formula dalam bentuk losion lebih mudah digunakan, khususnya untuk anak-anak dengan penyakit yang makin meluas dan untuk digunakan di area kulit yang sulit diobati. Pernyataan tersebut dijelaskan dalam Journal of the American Academy of Dermatology.

Penelitian itu menguji kemanjuran dan keamanan penggunaan (sekali sehari) dari losion fluticasone (0.05%) pada 438 anak-anak, yang berusia rata-rata tiga bulan dan menderita atopic dermatitis yang parah. Kecepatan keberhasilan pengobatan secara signifikan lebih tinggi pada pengobatan dengan menggunakan losion fluticasone (76%) dibandingkan dengan menggunakan losion plasebo (36%). Selain itu, tidak ada laporan yang menunjukkan terjadinya perubahan pada kulit dan tidak adanya abnormalitas klinis untuk efek samping yang mungkin bisa ditimbulkannya.

Namun, penggunaan losion fluticasone dibatasi selama empat minggu dan keamanan serta efektivitasnya tidak ditentukan untuk periode penggunaan yang lebih lama.

Losion bersifat dapat menyebar dengan baik di kulit, memiliki efek yang mendinginkan, bersifat melembabkan, dan juga rendah iritasi. Sifat tersebut, yang didukung dengan bukti kemanjuran pemakaiannya sekali sehari, telah membuat losion fluticasone memiliki nilai tambah untuk penggunaannya dalam terapi, khususnya untuk pengobatan atopic dermatitis.

Sumber : Journal of the American Academy of Dermatology

No comments: