Sunday 31 October 2010

Kesuburan Wanita

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Contohnya saja:

1. Disfungsi hormon.
2. Gangguan pada ovarium.
3. Penyakit metabolisme.

Kesuburan wanita sangat erat kaitannya dengan umur. Pada usai 8 hingga 30 tahun, wanita memiliki tingkat kesuburan paling tinggi. Umumnya tingkat kesuburan ini mulai menurun 5 hingga 10% pada usia 30 hingga 35 tahun, dan menurun kurang lebih 30% pada wanita yang telah berada di atas 35 tahun.

Ketika wanita mencapai usai 40 tahun, penurunan ini mencapai angka lebih dari 50%. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan sel telur untuk dibuahi, seiring dengan pertambahan usia wanita.

Namun, secara teori selama ovarium masih normal, maka kemungkinan untuk hamil masih ada. Walaupun kemungkinan itu tidak terlalu besar.

Kehamilan terjadi ketika ada pertemuan antara sel telur dengan sperma. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan terjadinya kehamilan. Dari sisi suami, perhatikan juga jumlah dan kualitas spermatozoa dan hal-hal yang dapat mempengaruhi produksi dan kualitas sperma. Contohnya: apakah terlalu kurus atau gemuk. Atau, apakah ada sumbatan saluran sperma, perokok, peminum alkohol?

Dari sisi istri, perhatikan faktor infeksi atau penyakit, kelainan pada saluran reproduksi, tiroid, kencing manis, dan lain sebagaianya.

No comments: