Sunday 31 October 2010

Investasi Waktu Orangtua Terhadap Anak

Anak sulung lebih banyak menghabiskan waktu dengan orangtua dibandingkan adik-adiknya. Penemuan ini membantu menjelaskan mengapa anak sulung cenderung berprestasi dan berkemungkinanan lebih kecil terlibat dalam berbagai hal beresiko.

Para orangtua cenderung berfikir mereka telah bersikap adil karena pada waktu luang mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk anak-anak yang lebih kecil. Walaupun begitu, mungkin saja mereka menghabiskan waktu yang lebih singkat dengan anak-anak yang lebih kecil dibandingkan saat mereka menghabiskan waktu bersama anak sulungnya dulu.

Penelitian menemukan bahwa pada keluarga beranak dua, anak kedua menghabiskan waktu rata-rata lebih singkat dengan ayah dan ibunya. Demikian juga pola yang sama terjadi pada keluarga beranak tiga dan lebih. Penemuan ini memberikan alasan logis yang menunjukkan pengaruh antara urutan kelahiran anak dengan perilaku anak.

Berikanlah waktu-waktu luang berkualitas Anda lebih banyak kepada anak-anak yang lebih kecil. Banyak orangtua yang mengeluh waktu harian mereka tidak cukup. Para peneliti mengatakan bahwa sebagian besar waktu yang dihabiskan anak dengan orangtuanya berada di depan televisi. Tentulah bukan ini yang dimaksud dengan memberikan anak waktu berkualitas.

No comments: