Monday 30 November 2009

Kegemukan Picu Kelainan Testosteron

Menurut majalah Reuters, Washington, pria yang mengalami kegemukan (obesitas) umumnya memiliki kadar testosteron yang terlampau rendah. Sedangkan, pada kelompok wanita menunjukkan hal yang sebaliknya.

Testosteron merupakan hormon seks utama bagi pria, tapi juga dimiliki oleh wanita. Hormon tersebut mengatur kepadatan massa otot dan tulang serta menjaga nafsu seksual dan ketahanan fisik.

Kadar testosteron di dalam tubuh secara alami akan menurun sesuai dengan pertambahan usia. Namun, para peneliti dari Institut Riset New England menemukan bahwa pria yang memiliki kenaikan berat badan sebesar minimal 13.6 kilogram akan mengalami kehilangan testosteron yang sebanding dengan kadarnya saat pria tersebut masih berusia 10 tahun.

Turunnya kadar testosteron juga terlihat pada kelompok pria yang mengalami trauma, seperti kehilangan anggota keluarga ataupun bercerai. Perhitungan tersebut didasarkan pada pengambilan sampel hingga 1.677 pria ke masa yang berbeda.

Sementara itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa wanita yang kegemukan saat memasuki masa pubertas memiliki masalah yang sebaliknya. Wanita yang kegemukan memiliki kadar testosteron sekitar dua hingga lima kali lipat dibandingkan pada wanita yang memiliki berat badan normal.

No comments: