Monday 31 August 2009

Gunakan Antibiotik Secara Rasional

Ketika kita menggunakan antibiotik secara berlebihan, kita sebenarnya membantu menciptakan mikroorganisme yang resisten menjadi nyata, menyebabkan terjadinya infeksi baru dan sulit untuk diobati. Penggunaan antibiotik yang bertanggung jawab dapat melindungi kesehatan keluarga Anda, tetangga dan komunitas dunia!
Terlalu sering menggunakan antibiotik yang sebenarnya tidak diperlukan memang bisa meningkatkan bakteri resisten. Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan mengenai penggunaan antibiotik secara rasional:

1. Mengerti kapan antibiotik digunakan. Jangan minum antibiotik setiap kali sakit. Antibiotik efektif dalam mengobati sebagian besar infeksi bakteri, tapi antibiotik tidak berguna melawan infeksi vius seperti pilek atau flu. Setiap tahun di Amerika, diperkirakan dokter menulis resep 50 juta antibiotik untuk penyakit akibat virus dimana antibiotik tidak bermanafaat. Bahkan beberapa bakteri penyakit yang umum seperti bronchitis tidak merespon baik terhadap antibiotik.

2. Minum antibiotik sesuai dengan yang diresepkan. Ikuti petunjuk dokter ketika minum obat yang diresepkan termasuk berapa kali sehari dan berapa lama. Hindari penghentian pengobatan beberapa hari lebih awal jika Anda merasa lebih baik karena rangkaian antibiotik dibutuhkan untuk membunuh semua bakteri yang berbahaya. Penggunaan yang lebih pendek seringkali hanya membunuh bakteri yang rapuh, tapi membiarkan bakteri resisten untuk bertahan.

3. Jangan minum antibiotik tanpa resep. Jika Anda tidak menyelesaikan rangkaian antibiotik, Anda tergoda untuk menggunakan sisa obat di lain waktu Anda sakit atau memberikannya kepada orang lain, ini bukan hal yang baik. Untuk satu hal, antibiotik mungkin tidak tepat untuk penyakit Anda atau orang lain. Bahkan jika demikian, Anda tidak memiliki pil yang cukup untuk melawan kuman yang membuat sakit, yang membuat bakteri lebih resisten.

4. Jangan meminta antibiotik kepada dokter Anda jika Anda memiliki infeksi virus. Sebaiknya, konsultasilah dengan dokter Anda mengenai cara meredakan gejala penyakit akibat virus sepeti obat semprot yang mengandung garam untuk mengeringkan hidung meler, atau campuran air hangat, lemon dan madu untuk menyejukkan sakit tenggorokan.

5. Lindungi diri Anda dari infeksi. Anda bisa melindungi diri Anda dari bebagai kuman dengan melakukan kebiasaan seperti mencuci tangan dengan baik dan sering, menangani dan menyiapkan makanan dengan aman, dan melakukan imunisasi.

No comments: